Salin Artikel

Didatangi Balai Bina Marga Kementerian PUPR, Bupati Karanganyar Usulkan Pembangunan Tol Wonogiri-Pacitan

Menurut Juliyatmono kedatangan Kepala Balai Bina Marga ke Karanganyar sudah cukup lama untuk "kulonuwun" terkait rencana perluasan jalan tol Solo-Ngawi.

"Termasuk salah satunya yang melalui Karanganyar, Sukoharjo terus nanti nyambung yang di Ngasem-Jogja. Saya usul sekalian kalau sekadar rencana tembak aja jalan tol Wonogiri-Pacitan. Sama-sama bermimpi. Ternyata semua baru bemimpi," kata Juliyatmono, Senin (13/2/2023).

Menurut Juliyatmono, rencana ini belum tentu bisa dilakukan dalam waktu dekat karena butuh anggaran yang besar.

"Oke lah kalau dana swasta. Karena bagian dari perencanaan silakan direncanakan. Welcome karena belum tentu dalam waktu dekat," jelas dia.

Namun kalau hanya Soloraya, Juliyatmono mengusulkan agar dibiayai APBN dan lebih baik dibangun jalan lingkar. Pasalnya akan jauh lebih terbuka dan memilii nilai produktivitas.

"Ternyata jalan tol dibiayai pihak swasta ya lama. Kenapa harus debat. Kalau jalan lingkar dibiayai oleh APBN saya setuju usul itu," ungkap dia.

"Tapi ternyata kemarin baru gagasan perusahaan jalan tol memperluas wilayah. Dan jalan tol tidak punya cukup uang, kan membutuhkan uang banyak dan tidak mungkin dalam waktu dekat (dibangun)," jelas dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/13/114301678/didatangi-balai-bina-marga-kementerian-pupr-bupati-karanganyar-usulkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke