Salin Artikel

Penyeberangan Kapal di Bangka Barat Dihentikan, Tiket yang Sudah Terbeli Bisa Dikembalikan

BANGKA, KOMPAS.com - Operasional kapal penyeberangan dari Pelabuhan Tanjung Kalian, Mentok, Bangka Barat menuju Tanjung Siapi-api, Sumatera Selatan masih dihentikan karena cuaca buruk, Senin (30/1/2023).

Penjualan tiket penyeberangan ikut dihentikan, dan bagi masyarakat yang terlanjur membeli bisa mengajukan pengembalian.

General Manager ASDP Tanjung Kalian Christoper Samosir mengatakan, penjualan tiket penyeberangan telah dihentikan sejak Minggu (29/1/2023).

Penghentian penjualan tiket itu bersamaan dengan diterimanya surat tentang penghentian sementara aktivitas kapal penyeberangan dari Satuan Pelayanan, Kementerian Perhubungan.

"Untuk reschedule didaftarkan tiketnya ke petugas untuk mendapatkan tanda/stample untuk nanti digunakan kembali," kata Christoper kepada Kompas.com, Senin (30/1/2023).

Sementara bagi penumpang yang ingin pengembalian atau refund, maka tiketnya didaftarkan dengan melampirkan KTP, nomor telepon, nomor rekening, dan STNK (apabila kendaraan).

"Pengembalian 30 hari kalender," ujar Christoper.

Hingga Senin siang tercatat sebanyak 300 penumpang pejalan kaki yang menunggu penyeberangan di Tanjung Kalian.

Kemudian ada lebih dari seratus kendaraan yang mengantre menyeberang, 43 unit roda dua, 37 unit roda empat dan 49 unit truk/bus.

Bagi penumpang yang masih menunggu, disediakan fasilitas ruang tunggu, tempat menginap dan pasokan air bersih.

Sejak Senin pagi sebagian besar wilayah Kepulauan Bangka Belitung termasuk wilayah Mentok, Tanjung Kalian, diguyur hujan sedang hingga lebat.

Peringatan dini waspada telah dilayangkan karena tinggi gelombang yang diprediksi mencapai 2,5 meter sampai 4 meter.

Selaian pengelola jasa pelabuhan dan kapal penyeberangan, masyarakat nelayan juga diminta waspada akan potensi badai dari bibit siklon tropis.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/30/152337178/penyeberangan-kapal-di-bangka-barat-dihentikan-tiket-yang-sudah-terbeli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke