Salin Artikel

Bunga Rafflesia Berkelopak 6 Mekar di Seluma Bengkulu

Bunga beraroma bangkai yang biasanya berkelopak lima, tapi kali ini jumlah kelopaknya enam.

"Ini termasuk langka kelopak bunga rafflesia biasanya lima. Namun, yang mekar di desa kami berjumlah enam kelopak. Meski demikian salah satu kelopak berukuran kecil atau tidak sempurna," kata warga Desa Lubuk Resam, yang juga pemerhati bunga rafflesia, Gupardi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (29/1/2023).

Menurut Gupardi, bunga rafflesia langka ini mekar di perkebunan kopi warga sebelumnya memang banyak ditemukan inang bunga rafflesia. Jaraknya dari desa sejauh 5 kilometer berjalan kaki.

"Selama saya menanam inang bunga rafflesia dan beberapa kali mekar baru kali ini ditemukan bunga rafflesia kelopaknya enam," jelas Gupardi.

Saat ini, menurut Gupardi, di sekitar kawasan tersebut ia juga menanam inang bunga rafflesia terdapat belasan bongkol yang diperkirakan akan mekar beberapa bulan ke depan.

"Jadi bagi masyarakat yang ingin melihat bunga rafflesia mekar silahkan datang ke desa kami. Bisa lihat bunga rafflesia juga ada wisata-wisata desa lain. Seperti air terjun, goa, pemandian air panas dan lainnya," ujar Gupardi.

Tanam inang Rafflesia

Saat ini Gupardi dan perangkat desa setempat getol menanam inang rafflesia di masing-masing rumah penduduk.

Tak tanggung-tanggung pemerintah desa setempat menggelontorkan sejumlah dana desa bagi penanaman inang bunga rafflesia.

"Kami memang anggarkan sedikit dana desa supaya masing-masing rumah warga memiliki bunga rafflesia. Ini mendukung program desa wisata kami," demikian Kepala Desa Lubuk Resam, Sudarmono.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/29/182922578/bunga-rafflesia-berkelopak-6-mekar-di-seluma-bengkulu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke