Salin Artikel

Ingin Buat Wisata Penangkaran Buaya, Bupati Malaka: Harapan Saya Ada Investor dari Pemerintah Pusat

Ada sejumlah sektor yang ingin dikembangkan Pemkab Malaka, seperti pertanian, peternakan, dan pariwisata.

Untuk sektor pariwisata, Bupati Malaka Simon Nahak ingin membuat penangkaran buaya sebagai salah satu ekowisata di daerah itu.

"saya ingin penangkaran buaya, harapan saya ada investor dari pemerintah pusat. Kami punya cita cita menjinakkan binatang liar ini sehingga jadi atraksi menarik," kata Simon saat berbincang di Kantor Kompas.com, Kamis (26/1/2023).

Simon mengatakan, ada banyak buaya di Kabupaten Malaka. Buaya tersebut bisa menjadi salah satu destinasi wisata karena keunikannya.

Menurutnya, buaya di Malaka sangat patuh terhadap pawangnya. Buaya itu bisa datang ketika dipanggil sang pawang.

Apalagi, masyarakat di Kabupaten Malaka bisa membedakan buaya yang berasal dari kabupaten itu atau dari luar daerah.

"Kalau buaya di Malaka, asli dari Malaka, jarinya lima. Kalau buaya tamu itu jarinya tiga, itu dari Timor Leste atau Australia," kata Simon.

Simon berharap, buaya itu bisa menjadi identitas dan ikon pariwisata di Kabupaten Malaka, selayaknya Komodo di Labuan Bajo.

"Kalau teman-teman datang ke labuan bajo karena komodonya, wisatawan datang ke Timor, khususnya Kabupaten Malaka, karena buayanya," kata Simon.

Selain penangkaran buaya, ada banyak potensi wisata dari Kabupaten Malaka. Ia mencontohkan Bukit Cinta Alas yang menyajikan pemandangan hamparan kota di Timor Leste.

"Lalu ada berbagai macam wisata budaya, adat, ada tarian likurai dan tebe. Macam-macam budaya kami di sana yang bisa dikembangkan," jelas Simon.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/27/143726178/ingin-buat-wisata-penangkaran-buaya-bupati-malaka-harapan-saya-ada-investor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke