Salin Artikel

Libur Tahun Baru Imlek, Penumpang di Pelabuhan Merak Diprediksi Naik 5 Persen

CILEGON, KOMPAS.com - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memprediksi, peningkatan penumpang pada periode libur tahun baru Imlek di lintas Pelabuhan Merak -Bakauheni.

Peningkatan trafik penumpang diperkirakan sebanyak 5 persen akan terjadi pada akhir pekan ini.

"Long weekend hingga Senin depan, diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik (penumpang) 3 sampai 5 persen, bila dibandingkan hari normal," ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (20/1/2023).

Shelvy menjelaskan, momentum libur Tahun Baru Imlek yang diperingati pada Minggu (22/1/2023) dan dilanjutkan dengan cuti bersama pada Senin (23/1/2023) yang bertepatan libur panjang di akhir pekan akan mendorong pergerakan masyarakat.

Untuk mengantisipasi kepadatan, sebanyak 7 dermaga dan 30 unit kapal dipersiapkan untuk mengangkut penumpang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni.

"Masyarakat yang akan merayakan Imlek di sejumlah kota besar, tentu akan melakukan perjalanan baik di Jawa dan Sumatera via darat membawa kendaraan bersama keluarga," kata Shelvy.

Berdasarkan data reservasi Feizy, lanjut Shelvy, untuk keberangkatan kapal ekspress dari Merak pada Jumat (20/1/203) selama 24 jam tercatat dari kuota 3.850 unit kendaraan, jumlah reservasi sebanyak 1.650 unit atau sudah 43 persen.

Sedangkan, untuk layanan Merak Reguler dari kuota 16.320 unit kendaraan, sebanyak 2.640 unit kendaraan yang sudah melakukan reservasi atau sebesar 16 persen.

Shelvy berharap, para pengguna jasa yang akan berlibur dengan menggunakan kapal ferry agar mengatur waktu perjalanan agar tidak mengalami antrean.

"Idealnya pengguna jasa telah bertiket minimal sehari sebelumnya. Ini kuncinya, agar melakukan reservasi tiket jauh-jauh hari melalui Ferizy. Karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/20/200307178/libur-tahun-baru-imlek-penumpang-di-pelabuhan-merak-diprediksi-naik-5

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke