Salin Artikel

Ternyata Pejabat Bank Himbara yang Bobol Dana Nasabah Rp 8,5 Miliar Simpan Uang di Rekening Kasir Barbershop

SERANG, KOMPAS.com - Mantan Priority Banking Officer (PBO) 1 pada Kantor Cabang Sentra Layanan Prioritas (KC SLP) Serpong Damai (BSD) Kota Tangerang Selatan inisial NHK menampung dana nasabah yang dibobolnya ke rekening kasir barbershop.

NHK menampung dana ditransfer dari nasabah prioritas di salah satu Bank Himbara sebesar Rp 8,5 miliar ke rekening inisial A yang merupakan kasir barbershop milik tersangka.

"Dari tempat barbershop milik tersangka berhasil dilakukan penyitaan berupa 7 buah dokumen dari pegawai barbershop milik tersangka antara lain berupa rekening dan buku tabungan atas nama A (kasir barbershop) yang digunakan sebagai rekening penampungan oleh tersangka," ujar Kasi Penerangan Hukum Kejati Banten Ivan Hebron Siahaan, Jumat (20/1/2023).

Dikatakan Ivan, pada Kamis (19/1/2023) dari pukul 12.00-16.00 WIB tim penyidik melakukan serangkaian penggeledahan dan penyitaan dari 2 tempat.

Yakni rumah tersangka NHK di Jalan Serpong Jaya, Buaran, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan. Kemudian di barbershop milik tersangka di Jalan Surya Kencana, Pamulang Barat, Kota Tangerang Selatan.

"Dari rumah NHK penyidik menyita  1 unit mobil milik tersangka, 2 unit laptop milik tersangka, 1 unit handphone, serta 17 dokumen terkait," ungkap Ivan.

Dijelaskan Ivan, penyitaan barang bukti milik tersangka NHK dan dokumen hasil penggeledahan akan dijadikan barang bukti dan untuk penyelamatan kerugian keuangan negara.

Diketahui, tersangka NHK menguras dana nasabah prioritas di salah satu Bank Himbara berinisial AS dengan cara memanipulasi data nasabah seperti nomor handphone dan email.

Data nasabah dan segala akses masuk ke internet banking nasabah diketahui NHK karena memiliki kewenangan.

NHK melakukan transfer dana nasabah ke rekening penampung atas nama A secara bertahap sejak April hingga Oktober 2022 sebanyak 11 kali.

Adapun transaksi yang dilakukan NHK, tanpa sepengetahuan dan persetujuan nasabah AS sebanyak 7 kali transaksi RTGS pemindahan dana seluruhnya sebesar Rp 6.695.000.000.

Selanjutnya, sebanyak 4 kali dengan jumlah dana seluruhnya sebesar Rp 1.835.120.000 dari Rekening Bank Cabang Tangerang Ahamad Yani atas nama AS ke rekening Bank Himbara lain atas nama A sebagai rekening penampungan.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/20/175226078/ternyata-pejabat-bank-himbara-yang-bobol-dana-nasabah-rp-85-miliar-simpan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke