Salin Artikel

PPKM Dicabut, Pj Gubernur Banten: Ekonomi Kembali Menggeliat, Aktivitas Tak Terbelenggu Lagi

"Tetapi kita mempersiapkan exit strateginya. Umpamanya agar dalam perekonomian bergulir secara baik, maka pembatasan PPKM sudah dicabut. Sehingga tatanan itu sudah bisa menggunakan lebih kuat melalui akses menggiatkan ekonomi," kata Al Muktabar kepada wartawan di Pendopo Gubernur, Kota Serang. Senin (2/1/2023).

Menurut dia, geliat ekonomi masyarakat juga dapat didukung dengan membeli prodak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di tanah para jawara.

Sebab, kata Al Muktabar, UMKM dapat menjadi tulang punggung ekonomi Banten.

"Mudah mudahan keadaan membaik, ekonomi kita mulai tumbuh, masyarakat juga semakin sehat," ujar Al Muktabar

Meski sudah dicabut, mantan Sekda Provinsi Banten itu juga meminta kepada masyarakat agar tetap menggunakan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi Covid-19.

"Kita masih tetap menggunakan protokol kesehatan di tempat-tempat. Tapi, pada intinya kita sudah tidak terbelenggu lagi soal kerumunan dan pemanfaatan ruang publik," ujar Al Muktabar.

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo telah memutuskan bahwa pemerintah menghentikan PPKM mulai Jumat (30/12/2022).

Jokowi beralasan, situasi pandemi Covid-19 di Indonesia sudah melandai, berkaca dari kasus harian Covid-19 pada 27 Desember 2022 yang hanya 1,7 kasus per 1 juta penduduk.

Jokowi menyebutkan, positivity rate mingguan juga sudah berada di angka 3,3 persen, kemudian bed occupancy rate 4,79 persen, serta angka kematian 2,39 persen.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/02/180006578/ppkm-dicabut-pj-gubernur-banten-ekonomi-kembali-menggeliat-aktivitas-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke