Salin Artikel

Tak Setuju Pembangunan Jalan Tol, Bupati Karanganyar Sebut Bisa Matikan Ekonomi Masyarakat

Ia mengaku lebih menyetujui konsep pembangunan jalan lingkar atau ring road, saja.

"Sekitar Soloraya saya berharap itu yang jalur lingkar. Tidak boleh seperti pembangunan jalan tol," kata Yuli sapaan akrabnya, pada Kamis (29/12/2022).

Menurutnya pembangunan dengan konsep jalan tol akan mematikan perekonomian warga yang dilewati jalur tersebut.

"Sawah dilewati jalan lingkar lebih produktif. Tapi kalau pintu tol ketutup temboknya, jalan tol, itu mati. Konsep itu ya kalau nanti diskusi yang kita usulkan untuk memperdaya potensi itu," ungkapnya.

Meskipun tidak sependapat, dia menyebut jika jalan lingkar pengelolaannya sama dengan jalan tol.

"Itu Jalan lingkar, tapi dikelola seperti mengelola jalan tol. Sehingga semua tidak sembarangan memanfaatkan. Misalnya radius pembangunan rumah di sekitar jalan meningkat, tidak boleh berdekatan, karena harus cepat, harus berapa jarak dari jarak itu berapa meter sehingga sentra pendistribusian barang jasa ekonomi ini menyebar di mana-mana," katanya.

Ia juga mencontoh, nantinya kawasan yang dilewati jalan tersebut dapat berkembang jika menggunakan sistem jalan lingkar. Bahkan akan menumbuhkan peradaban baru.

Bahkan ia juga menyinggung, soal potensi perkuatan wacana Provinsi Soloraya, yang berisi Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Klaten, Kabupaten Wonogiri, serta Kota Solo.

"Maka perlu diskusi agar itu memberikan gairah yang besar bagi publik untuk menyebar perekonomian kalau itu bisa ditata lagi, itulah pentingnya Provinsi Soloraya misalnya akan mengerucut ke situ, kalau terhubung sangat baik itu jadi keren," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/29/131428078/tak-setuju-pembangunan-jalan-tol-bupati-karanganyar-sebut-bisa-matikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke