Salin Artikel

KALEIDOSKOP 2022: 5 Momen Ganjar Paling Disorot Publik Selama 2022, Tendang Tembok hingga Rambut Hitam

SEMARANG, KOMPAS.com- Sepanjang 2022 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kerap menarik perhatian publik, baik karena sikapnya sebagai pejabat pemerintahan maupun tokoh politik. Berikut momen Ganjar paling paling disorot pada 2022:

1 Ganjar marah tendang tembok SMA Tawangmangu

P   Pada awal 2022, Ganjar melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke SMA Negeri Tawangmangu, Karanganyar, Minggu (30/1/2022). Sesampainya di lokasi, ia kaget mendapati SMA baru itu tidak dibangun menggunakan bata.

G  Ganjar mencoba menendang tembok palsu di bawah jendela lobi itu dan langsung jebol. Ia kesal dan memarahi mandor proyek bangunan agar menelpon pimpinan kontraktor.

    “Masih ingat saya dulu ngomong ya, jaga integritas dan kualitas, jangan korupsi, sekarang pekerjaanmu kayak gini. Mau saya bawa ke kejaksaan?,” kata Ganjar lewat sambungan telepon.

     Usai sidak, Ganjar memberi kesempatan bagi kontraktor untuk memperbaiki selama enam bulan masa pemeliharaan.

\ Kader PDIP asal Temanggung kembalikan hadiah Ganjar

     Masih di awal tahun 2022, Fajar Nugroho kader PDI Perjuangan asal Temanggung mengembalikan hadiah yang diberikan Ganjar ke rumahnya.

    Pasalnya setelah melihat video silaturahmi Ganjar di kanal Youtube milik Ganjar dengan judul “Rumah Reyot Kader PDI Perjuangan di Tanah Bengkok,” ia merasa telah mencoreng nama partainya.

   “Setelah saya melihat komen-komen yang ada di YouTube, kok rasanya seperti mencoreng nama baik partai saya," imbuh Fajar, dalam keterangan pers tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (12/1/2022).

    Fajar tidak ingin kondisi kemiskinan dirinya dan keluarga merendahkan martabat partai. Karenanya, ia berencana akan mengembalikan bantuan serta hadiah yang diberikan Ganjar.

3 Usai desa dikepung polisi, Ganjar temui warga Desa Wadas

teSetelah sempat dikepung aparat, Ganjar mendatangi Desa Wadas di Purworejo dan menemui sejumlah warga setempat untuk berdialog.

SeSelain menjelaskan rencana pembangunan Bendungan Bener, Ganjar juga memohon maaf kepada warga Wadas yang terdampak.

"T"Tidak usah saling menyakiti hati perasaan warga, diajak rembugan semuanya, nanti panjenengan yang sudah mendapat ganti rugi, uangnya jangan dipakai sembarangan, untuk beli tanah atau rumah pengganti," kata Ganjar kepada warga Wadas, Rabu (9/2/2022).

G Ganjar mengaku sangat menantikan adanya dialog antar pihak, tak terkecuali warga yang masih menolak proyek bendungan itu.

4Ganjar Disanksi PDIP usai pernyataan siap nyapres

P   Pernyataan Ganjar ‘siap nyapres’ pada pemilihan presiden (pilpres) 2024 dalam sebuah wawancara stasiun televisi swasta berhasil memanasi panggung politik.

P  Pernyataannya itu berujung pada teguran lisan dari partai kebanggaannya, PDI Perjuangan. Ganjar diminta berdisiplin dan bersabar menunggu keputusan ketua umum.

SaSaat ditanya awak media usai kegiatan Bangda Kemendagri di Gets Hotel Semarang, Selasa (25/10/2022) soal pemanggilan dirinya, kader senior partai bersimbol banteng moncong putih itu menjawab dengan santai.

"   “Ya udah, wong sudah dikasih sanksi, saya siap! gitu,” ujarnya sembari memasuki lift dan melambaikan tangan ke luar pintu, Selasa (25/10/2022).

5Tanggapi kode Jokowi, Ganjar unggah foto berambut hitam

Pi Pidato Presiden RI Joko Widodo di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Sabtu (26/11/2022) yang menyebutkan ciri-ciri suksesornya menuai banyak tanggapan dari para tokoh politik.

JoJokowi menyebutkan bila pemimpin yang memikirkan rakyat itu memiliki banyak kerutan di   wajahnya hingga rambutnya putih semua.

   Sejumlah pejabat ramai-ramai menunjukkan berbagai model rambutnya di media sosial, seperti Ridwan Kamil dan Anies Baswedan.

 

   Akan tetapi, alih-alih menunjukkan model rambut terbarunya yang saat ini berambut putih, Ganjar justru mengunggah foto lamanya saat masih berambut hitam.

   Sementara saat ditanya Kompas.com, ia hanya menjawab singkat. “Kalau kamu mau potong, tak tunjukin salonnya,” katanya di depan kantornya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/28/060000078/kaleidoskop-2022--5-momen-ganjar-paling-disorot-publik-selama-2022-tendang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke