Salin Artikel

Libur Nataru, PT KAI Daop 5 Purwokerto Antisipasi 25 Titik Rawan Bencana di Jalur Kereta Api

"Kami punya 25 titik rawan, kami antisipasi dengan menempatkan petugas esktra," kata Vice Presiden Daop 5 Purwokerto, Daniel J Hutabarat usai Apel Gelar Pasukan Angkutan Nataru, Kamis (22/12/2022).

Dari 25 titik rawan bencana, 11 di antaranya menjadi prioritas untuk dijaga. Hal itu karena rawan longsor dan penurunan permukaan tanah. Titik rawan tersebut seluruhnya berada di wilayah Kabupaten Cilacap.

"Kalau hujan dua jam tidak berhenti kami turunkan petugas esktra untuk memastikan jalur kami aman," jelas Daniel.

Pihaknya juga menempatkan peralatan dan material di lima titik agar jika terjadi bencana dapat ditangani dengan cepat.

Total 68 petugas disiagakan di sepanjang lintas KA Daop 5 Purwokerto. Rinciannya, 47 petugas pemeriksa jalur ekstra, 7 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan 14 petugas daerah rawan.

Untuk pengamanan penumpang. KAI menyiapkan total 282 petugas pengamanan dari unsur internal dan eksternal perusahaan.

KAI juga telah memastikan keandalan sarana dan prasarana bersama Kementerian Perhubungan serta melakukan ramp check atau pemeriksaan kelaikan dan kesiapan lokomotif dan kereta.

Daniel mengatakan, selama angkutan Nataru KAI menyediakan 155.268 tempat duduk. Adapun prediksi puncak angkutan Nataru akan terjadi pada tanggal 25 Deaember 2022 dan 1 Januari 2023 sejumlah 11.016 orang.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/22/140016678/libur-nataru-pt-kai-daop-5-purwokerto-antisipasi-25-titik-rawan-bencana-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke