Salin Artikel

Resmikan Reaktivasi Kereta Api Mak Itam, Erick Thohir: Pariwisata Sawahlunto Bisa Meningkat

Reaktivasi itu diresmikan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang didampingi anggota DPR RI Andre Rosiade.

"Lokomotif uap E1060 yang akrab dikenal sebagai ‘Mak Itam’ telah berhenti beroperasi sejak 2014. Sekarang kita aktifkan kembali," kata Erick kepada wartawan, Selasa (20/12/2022) usai peresmian.

Erick menyebutkan kereta api ‘Mak Itam’ ini adalah ikon dan daya tarik wisata Sawahlunto.

Reaktivasi jalur kereta api Sawahlunto–Muaro Kalaban dengan jarak sekitar 4 kilometer.

Sepanjang 828 meter di antaranya berupa terowongan atau lubang kalam.

Jalur ini dibangun 1892 dan sudah mati. Kini, diaktifkan kembali untuk menjaga aset bangsa sekaligus untuk menunjang wisata kota tambang.

Erick menyebutkan reaktivasi itu merupakan hasil dukungan dari empat BUMN yaitu PT. Kereta Api Indonesia, PT. Semen Indonesia, PT. Pupuk Indonesia dan PT. Biofarma, dibawah koordinasi dari Project Managemen Office (PMO) BUMN untuk pariwisata Sumatera Barat.

"Anggarannya mencapai sekitar Rp 20 miliar," jelas Erick.


Erick menyebutkan, kini seluruh tahapan pembangunan sarana dan prasarana perkeretaapian itu telah selesai sehingga kereta api wisata Sawahlunto sudah dapat berjalan dari Stasiun Kampung Teleng menuju stasiun Muaro Kalaban melewati terowongan ‘Lubang Kalam’.

Dengan adanya reaktivasi itu, menurut Erick pariwisata Sawahlunto bisa meningkat karena Mak Itam adalah ikon pariwisata Sawahlunto.

"Sekarang pariwisata tambang dengan kereta api di Sawahlunto bisa dinikmati kembali," jelas Erick.

Sementara anggota DPR RI, Andre Rosiade menyebutkan untuk tahap awal baru dengan rute Sawahlunto sampai ke Muaro Kalaban.

"Saat ini masih sampai ke Muaro Kalaban dan masih kita usahakan sampai ke Silungkang. Ini aspirasi dari Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dan masyarakat," jelas Andre.

Andre mengapresiasi dan menyatakan siap terus mendampingi Kementerian BUMN dalam menjalankan perkeretaapian di Sawahlunto.

“Kami menilai pak Erick dan BUMN serius menindaklanjuti permintaan yang kami sampaikan bersama pak Wali Kota Sawahlunto Deri Asta pada 2021 lalu. Buktinya janji pak Erick pada saat itu untuk mengoperasikan kembali kereta api di Sawahlunto terealisasi dengan baik sekarang,” kata Andre.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan rasa  terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Erick Thohir dan Andre Rosiade atas kesediaan membantu reaktivasi ‘Mak Itam’ sekaligus datang langsung untuk peresmian.

“Atas persetujuan Pak Erick kemudian arahan beliau kepada BUMN, mimpi Sawahlunto agar dapat menikmati kembali adanya kereta api kini terwujud. Rasa terima kasih juga kami sampaikan kepada Pak Andre yang menyerap aspirasi kami," kata Deri.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/21/071548778/resmikan-reaktivasi-kereta-api-mak-itam-erick-thohir-pariwisata-sawahlunto

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke