Salin Artikel

TPU Penuh, Pemkot Mataram Siapkan Lahan Permakaman Baru

Lahan baru ini disiapkan, karena lahan permakaman yang ada di TPU Karang Medain, saat ini hampir melebihi kapasitas.

"Kami akan siapkan di sini untuk permakaman umum, dan memiliki luas 18 are (1.800 meter persegi). Semoga bisa dimanfaatkan 3 hingga 4 tahun ke depan," Kata Wali Kota Mataram Mohan Roliskana, dalam keterangan tertulis, Selasa (20/12/2022).

Lahan baru untuk TPU ini akan bertempat di wilayah Petemon, Kelurahan Pagutan Timur, Kecamatan Mataram Timur.

Lokasinya berada di dekat ruang terbuka hijau Petemon, bersebelahan dengan tempat permakaman umum milik masyarakat Petemon.

"Nanti akan saya perintahkan Kadis Lingkungan Hidup untuk clearance area, menambah penerangan serta melengkapi fasilitas yang dibutuhkan di lokasi tersebut," Kata Mohan.  

Mohan menambahkan, beberapa pengembang perumahan saat ini sudah merintis pembebasan lahan untuk sarana permakaman umum yang diperuntukan khusus bagi warga kompleks perumahan.

Pemkot berharap, lahan yang sudah dibebaskan untuk segera dimanfaatkan sebagai tempat permakaman, mengingat TPU di Kota Mataram yang semakin penuh.

Menurut Mohan, pihak pengembang harus melihat hal ini sebagai sesuatu yang mendesak, yaitu berkaitan dengan penyediaan fasilitas sosial di kompleks permukiman yang dibangun.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/20/224314978/tpu-penuh-pemkot-mataram-siapkan-lahan-permakaman-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke