Salin Artikel

Pemprov Jateng Jembatani 27 Perusahaan Buka Loker Bagi Kaum Difabel

SEMARANG, KOMPAS.com-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bakal menjembatani 27 perusahaan untuk membuka lowongan kerja bagi kaum difabel.

Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Jateng Candra Yuliawan menggandeng Organisasi Buruh Internasional (ILO) untuk menggelar bursa kerja bagi disabilitas di UTC Convention Hall Semarang (9-10/12/2022).

"Mayoritas perusahaan yang bergabung dari garmen. Adapula, dari restoran cepat saji, tour and travel, butik perdagangan ritel hingga manufaktur," ujar Candra dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Kamis (8/12/2022).

Pihaknya mengakui selama ini penyandang disabilitas sering terkendala akses informasi dan cenderung rendah diri bila berinteraksi dengan orang lain.

Padahal, UU nomor 8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas, perusahaan harus mempekerjakan disabilitas sedikitnya 1 persen dari jumlah pekerja non disabilitas.

"Kami harap antusias pendaftar tinggi dan yang diterima tinggi pula. Selain itu terkait batasan usia, jangan disamakan dengan non disabilitas. Kalau pekerja non disabilitas maksimal 35 tahun, yang  disabilitas lebih dari itu, karena mereka butuh kepercayaan diri untuk kerja, berdampingan dengan yang lain," paparnya.

Data Disnakertrans Jateng, hingga Oktober 2022, di Jateng ada 216 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja difabel mencapai 2.057 orang.

Di samping job fair, nantinya juga diadakan training bagi departemen sumberdaya manusia dalam proses perekrutan disabilitas.

Program Officer International Labour Organization (ILO) Tendy Gunawan mengatakan antusiasme perusahaan di Jateng untuk menyerap pekerja disabilitas cukup tinggi.

Nantinya rekrutmen akan dilaksanakan dengan dua mekanisme. Metode pertama adalah calon pekerja disabilitas sebelumnya telah di seleksi.

Sedangkan metode kedua adalah pekerja disabilitas langsung mendatangi stand bursa kerja di lokasi.

"Ketika sosialisasi ada sekitar 70 perusahaan yang hadir, namun kendalanya mereka tidak tahu cara untuk merekrutnya. Maka kami bantu pertemukan perusahaan dan calon pekerja," jelasnya.

Ia menyebut, bursa kerja disabilitas bekerja sama pula dengan Kemenaker RI, BetterWork Indonesia, Kerjabilitas dan APINDO.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/08/183808478/pemprov-jateng-jembatani-27-perusahaan-buka-loker-bagi-kaum-difabel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke