Salin Artikel

Gara-gara Sampah Plastik, Bus Trans-Semarang yang Berisi 20 Penumpang Terbakar

Hal itu membuat sekitar 20 penumpang terpaksa dialihkan ke bus yang lain untuk melanjutkan perjalanan. Pasalnya, penyebab bus tersebut terbakar adalah sampah.

Suriswanto, sopir bus tersebut, menjelaskan, ketika melintas dari Mangkang menuju Penggaron sempat melihat sampah plastik yang jatuh dari truk sampah.

"Setelah itu, saya merasa mesin kopel bus yang dikendarai berat," jelasnya kepada Kompas.com, Selasa (25/10/2022).

Menurutnya, sampah plastik tersebut masuk ke kolong mesin bus. Kemudian sampah tersebut melilit mesin bus yang menyebabkan kerusakan di bagian gardan.

"Jadi ada plastik yang melilit di bagian mesin," katanya.

Saat itu, dia sudah mempunyai firasat buruk. Sebanyak 20 penumpang yang awalnya naik bus tersebut segera dipindahkan ke bus yang lain.

Sebelumnya, Suriswanto mengaku sudah melakukan pengecekan mesin bus sesuai dengan standar operasional yang telah ditentukan.

"Pagi tadi pukul 06.30 WIB sebelum berangkat saya sudah cek," paparnya.

Seperti diketahui, bus yang digunakan Suriswanto sempat terbakar sekitar pukul 11.40 WIB. Namun, kebakaran bus tersebut tak berlangsung lama karena petugas pemadam kebakaran segera datang.

Kobaran api tersebut bisa dipadamkan dalam waktu kurang dari 30 menit oleh petugas kebakaran.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/25/144352878/gara-gara-sampah-plastik-bus-trans-semarang-yang-berisi-20-penumpang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke