Salin Artikel

Cegah Penyelundupan Satwa Liar, BKSDA Maluku Perketat Pengawasan di Pelabuhan

Peningkatan pengawasan di pintu keluar masuk Kota Ambon itu dilakukan dengan menempatkan petugas BKSDA Maluku di pelabuhan.

“Menindaklanjuti hasil temuan 10 ekor burung kakaktua ini maka sesuai perintah dari kepala balai tadi kita akan tingkatkan pengawasan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon, khususnya saat kapal akan keluar dari pelabuhan,” kata Petugas Polhut BKSDA Maluku Seto kepada Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Setelah penyitaan 10 ekor burung kakaktua maluku yang hendak diselundupkan itu, BKSDA Maluku menggelar rapat membahas sejumlah langkah mencegah penyelundupan satwa liar.

“Kita sudah rapat untuk membahas masalah ini dan kita sudah inisiasi meningkatkan pengawasan di pelabuhan Ambon, nanti petugas dari Pos Tulehu saling mem-backup saat kapal akan keluar pada malam hari,” ujarnya.

Selain di pelabuhan Ambon, BKSDA Maluku juga akan meningkatkan pengawasan di sejumlah pelabuhan antarpulau dan dermaga penyeberangan yang ada di Maluku.  

“Khususnya di wilayah Seram bagian Timur di pelabuhan Sesar Bula, karena burung-burung ini kebanyakan berasal dari sana, intinya akan ditingkatkan pengawasan di sana,” ungkap Seto.

Selain meningkatkan pengawasan secara internal, BKSDA Maluku bekerja sama dengan sejumlah organisasi dan komunitas pecinta satwa di Maluku untuk mencegah upaya penyelundupan satwa liar.

“Kita punya komunitas pecinta satwa dan NGO yang selama ini bekerja sama dengan kita nanti mereka akan bantu kita soal informasi, itu yang paling penting dan sangat kita harapkan,” kata Seto.

Sebelumnya, petugas BKSDA Maluku menggagalkan upaya penyelundupan sepuluh ekor burung kakaktua maluku di dermaga Hunimua, Pulau Ambon pada Sabtu (4/10/2022).

Puluhan satwa endemik Maluku itu dibawa dari Pulau Seram menuju Ambon menggunakan sebuah mobil pikap. Saat diselundupkan, burung-burung kakaktua Maluku itu dimasukkan ke dalam pipa paralon.

BKSDA Maluku menduga ada sindikat penyelundupan satwa liar dari Maluku ke luar daerah, sebab beberapa waktu sebelumya petugas BKSDA Sulawesi Selatan juga menangkap sejumlah burung kakaktua maluku diselundupkan dengan modus yang sama.

https://regional.kompas.com/read/2022/10/11/140253878/cegah-penyelundupan-satwa-liar-bksda-maluku-perketat-pengawasan-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke