Salin Artikel

Upaya Kendalikan Inflasi, Pemkab Sleman Gelar Pangan Murah di 17 Kapanewon

"Kegiatannya dilaksanakan di masing-masing kapanewon mulai 28 September sampai 10 Oktober mendatang. Jadi nanti setiap kapanewon satu hari acaranya," ujar Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (27/9/2022).

Kustini menyampaikan, Pemkab Sleman telah menyiapkan sebanyak 19.952 paket kebutuhan pokok masyarakat. Kebutuhan pokok tersebut yakni beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 kg, dan telur 1 kg.

Di dalam kegiatan ini paket yang diberikan langsung berasal dari distributor. Sehingga, masyarakat miskin maupun rentan miskin yang sudah terdata akan mendapatkan harga yang terjangkau dan lebih murah.

Kustini mengungkapkan melalui Pangan Murah yang digelar bertahap di 17 Kapanewon ini, gejolak ekonomi akibat kenaikan harga kebutuhan pokok di tengah masyarakat Kabupaten Sleman dapat terus ditekan.

"Ini bertujuan membantu masyarakat rentan miskin untuk membeli kebutuhan sehari-hari," tegasnya.

Kepada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) dan Kalurahan, Kustini menginstruksikan agar menginventarisasi sasaran rumah tangga miskin dan rentan miskin sesuai data serta fakta di lapangan.

"Jangan sampai salah sasaran. Serta lakukan pemantauan koordinasi terkait ketersediaan bahan pokok di pasar rakyat dan gudang bulog," tuturnya.

Kustini memastikan ketersediaan pangan di Kabupaten Sleman juga relatif aman.

"Inflasi ini cukup berdampak pada kenaikan harga kebutuhan pokok dan juga BBM. Saya mengimbau seluruh masyarakat untuk menghemat energi dan menjaga ketahanan pangan dengan memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/28/154955678/upaya-kendalikan-inflasi-pemkab-sleman-gelar-pangan-murah-di-17-kapanewon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke