Salin Artikel

Tawuran Pelajar SMP di Balikpapan Terjadi 2 Hari Berturut-turut, Warga Resah

Keributan pertama Sekelompok pelajar SMP terlihat menyerang kelompok pelajar lain yang berlari ke arah permukiman warga. Resah dengan aksi kedua kelompok ini, warga pun membubarkannya.

Namun, bukannya kapok, para pelajar tersebut kembali saling serang pada Rabu (21/9/2022) sekira pukul 16.00 Wita. Aksi kali ini pun akhirnya membuat aparat berwajib turun tangan mendatangi sekolah para pelajar tersebut.

“Antar pelajar ini, enggak tahu karena apa, tadi sudah kejar-kejaran dia bawa balok (kayu) terus ada yang bawa sajam disembunyikan,” tutur Fairus, salah seorang warga sekitar.

Mengetahui hal tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Balikpapan meminta kepada seluruh sekolah untuk memperhatikan anak didiknya agar tidak bertindak meresahkan warga.

Kepala Disdikbud Balikpapan, Purnomo menjelaskan, dalam video tawuran yang bereda, pelajar tidak membawa senjata tajam, melainkan membawa sebuah kayu. Menurutnya, jika dilihat sekilas mirip dengan senjata tajam.

Dia mengatakan setelah pulang sekolah, pihaknya tidak bisa memantau para siswa secara intens. 

"Pihaknya berharap, dengan kejadian ini, kepala sekolah bisa memberikan pemahaman yang lebih lagi. Sebab dampak kejadian tersebut bukan hanya pada sekolah, diri sendiri, tapi juga akan berdampak pada orangtua dan lingkungan sekitar," terangnya.

Menurutnya, perkelahian itu dipicu oleh kesalahpahaman dan sudah ditangani pihak berwajib. 

"Perkelahian antara pelajar dengan pihak luar dipicu akibat kesalahpahaman. Namun saat ini perkelahian tersebut tengah ditangani oleh pihak berwajib," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/22/154345978/tawuran-pelajar-smp-di-balikpapan-terjadi-2-hari-berturut-turut-warga-resah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke