Salin Artikel

Soal Kenaikan Harga BBM, Pedagang Kuliner Manokwari Berharap Stok Bahan Pokok Terjaga

KPK-M menyatakan hal itu saat membagikan sembako kepada masyarakat di Balai Kampung Udapi Hilir, Distrik Prafi, Manokwari, Minggu (18/9/2022).

Ketua KPK-M Juprianto mengatakan, aksi berbagi itu merupakan dukungan pedagang kuliner di Manokwari kepada masyarakat terdampak kenaikan harga BBM.

"Berbagi tidak harus menunggu jumlah yang besar. Lewat aksi ini kami juga mengajak perkumpulan atau paguyuban, ormas dan para pihak lainnya untuk berkontribusi dalam sebuah aksi sosial dalam bentuk apa pun atas dampak penyesuaian BBM ini," kata Juprianto di Manokwari, Minggu.

Mewakili pedagang kuliner di Manokwari, Jupri meminta pemerintah menjamin ketersediaan bahan kebutuhan pokok setelah kenaikan harga BBM.

"Harapan kami stok bahan kebutuhan pokok terjaga, jangan sampai mengalami kelangkaan," tuturnya.

Selain stok, mereka juga berharap agar pemerintah dan aparat bisa memberikan jaminan keamanan di Manokwari.

"Kita berjualan membutuhkan keamanan dan kenyamanan. Kalau bisa, patroli terus berlangsung agar para pedagang merasa nyaman dalam berjualan," tambahnya.

Jupri mengamini, sejumlah harga juga menyesuaikan dengan kenaikan harga BBM. Apalagi, harga barang tergantung stok di pasaran.

"Jika stok baru otomatis akan ada penyesuaian harga juga, yang jelas kenaikan harga di pedagang tidak memakan untung yang berlebihan," terangnya.

Ia mengimbau pedagang kuliner di Manokwari tak terprovoksi dengan ajakan menolak kenaikan harga BBM. Menurutnya, kenaikan harga BBM sudah mempertimbangkan berbagai hal, termasuk dampak kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Pedagang Pasar Wosi Abdul Hakim Karim tak mempermasalahkan kenaikan harga BBM. Asal, kata dia, pemerintah bisa memastikan tak terjadi kelangkaan bahan pokok di Manokwari.

"Soal penyesuaian harga bagi kami tidak jadi masalah, yang penting ketersediaan barang dan pemerintah melalui perangkatnya dapat mengawasi secara kontinu, terutama kebutuhan barang yang masuk melalui pelabuhan hingga ke distributor," ucap Hakim Karim.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/18/203719578/soal-kenaikan-harga-bbm-pedagang-kuliner-manokwari-berharap-stok-bahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke