Salin Artikel

Pemprov Jateng Dapat Hibah Rp 4,5 Miliar dari Australia, Dananya untuk Pembuatan Kapal Ambulans

Dana tersebut saat ini digunakan untuk pembuatan kapal ambulans yang nantinya melayani warga Karimunjawa.

Sementara bantuan lainnya berupa alat periksa kehamilan atau USG (ultrasonografi) telah diserahkan kepada Puskesmas Karimunjawa untuk mengetahui kesehatan janin.

"Desember kapal jadi, Oktober awal deep freezer datang, USG sudah datang. Kemudian mobil vaksin dapat dua nanti akhir November,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng Yunita Dyah Suminar kepada KOMPAS.com, Rabu (14/9/2022).

Dia mengungkapkan kapal ambulans tersebut baru bisa beroperasi pada bulan Desember karena ada proses pengurusan STNK dan perizinan. 

Tidak hanya itu, Australia juga berkontribusi membangun kapasitas SDM di sektor kesehatan. Seperti melalui program One Health, penanganan Covid-19, dan hibah dari Negara Bagian Queensland melalui Sister Province.

“One health itu artinya sehat manusianya, hewan, dan lingkungan,” tuturnya.

Konsep ini dikenalkan di Jateng sebagai bentuk kewaspadaan terhadap timbuhnya wabah baru seperti yang sudah terjadi, baik Covid-19 maupun cacar monyet.

“Tidak hanya memikirkan Kesehatan manusia, tapi hewan dan lingkungan juga. Karena banyak penyakit zoonosis yang bisa menular kepada manusia,” tegasnya.

Dalam kerjasama bertajuk AIHSP (Australia Indonesia Health Security Partnership) juga digelar platihan penanganan penyakit anthrax, leptospirosis dan gigitan ular. Selain itu, AIHSP bersama TNI membantu Pemprov Jateng untuk meningkatkan cakupan vaksin booster di berbagai daerah.

https://regional.kompas.com/read/2022/09/15/090734578/pemprov-jateng-dapat-hibah-rp-45-miliar-dari-australia-dananya-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke