Salin Artikel

Di Negaroa Bahagia Wisata Rally 2022, Pereli sekaligus Wabup Jembrana Masuk 10 Besar Seeded B

KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jembrana sukses menggelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Negaroa Bahagia Wisata Rally 2022 di Jembrana, Bali pada Sabtu (13/8/2022)-Minggu (14/8/2022).

Dalam kejurnas tersebut, pereli andalan tuan rumah sekaligus Wakil Bupati (Wabup) Jembrana Patriana Krisna menunjukkan kemampuannya di ajang time rally dengan menempati posisi kesembilan untuk kategori Seeded B.

Wabup yang akrab disapa Ipat itu mengatakan, kejurnas berjalan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Bahkan, di sepanjang rute yang dilalui peserta reli, masyarakat sangat antusias memberikan sambutan serta menyaksikan para pereli dari berbagai daerah yang bertarung sambil menikmati obyek-obyek wisata di Kabupaten Jembrana,” ujarnya.

Hal tersebut dikatakan Ipat yang juga Ketua Panitia Negaroa Wisata Rally 2022 dalam acara Malam Penobatan Pemenang Minggu (14/8/2022).

Ipat juga mengaku bangga karena pereli-pereli lokal Bali, khususnya Jembrana, berhasil mendominasi raihan kemenangan di kategori non-seeded nasional dan kategori pemula lokal, meski belum menembus 10 besar di kejuaraan umum nasional.

Rasa bangga itu juga diungkapkan Bupati jembrana I Nengah Tamba, apalagi tedapat 57 pereli nasional yang meramaikan Negaroa Wisata Rally 2022 di Jembrana.

Dia berharap, kedatangan para pereli nasional tersebut akan menggaungkan nama Jembrana ke tingkat nasional.

“Kami putuskan bahwa Kabupaten Jembrana akan dijadikan barometer otomotif,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

Pada kesempatan itu, Tamba juga berterima kasih atas keterlibatan pereli-pereli dari berbagai daerah dalam kejurnas wisata rally di Kabupaten Jembrana.

Melihat antusiasme peserta dari berbagai daerah yang sedemikian besar, Tamba berharap agar tahun depan Kabupaten Jembrana bisa dipercaya kembali menjadi tuan rumah di salah satu seri kejurnas.

“Apalagi, Kabupaten Jembrana memiliki banyak sekali potensi wisata yang dapat dinikmati wisatawan,” ungkapnya.

Tamba juga berencana akan memberangkatkan Ipat yang merupakan pereli andalan Jembrana dan Bali pada kejurnas seri ketiga di Kalimantan Timur (Kaltim) pada Sabtu (3/9/2022)-Minggu(4/9/2022).

Adapun Ipat yang dinavigatori Inda Swari Dewi, I Nyoman Perdana, dan Komang Kesava Krisna menempati posisi sembilan Seeded B dengan mengumpulkan angka hukuman total 5.596.  

Sementara itu, juara pertama hingga ketiga pada kategori Seeded B diraih Priandono Hernanto, Susila Hutama, dan Alfian Rudianto Malaka dari Jawa Timur (Jatim), Lambang Trikuncoro Wahyu, Faridiah Notariani, dan Sri Lestari Pujiastuti  dari Yogyakarta), serta Hendy Wijaya, Heni Widiyanti, dan Dadang Wijaya Kusuma dari Yogyakarta.

Untuk kategori kejuaraan wanita, pereli asal Bali Ni Nyoman Yulia Artawati, Luh Putu Eka Suryani, dan Renisa Cantiputri dari Daihatsu SIG Rally Team berhasil menjadi kampiun.

Yulia dan tim berhasil mengungguli pereli yang merupakan rekan setimnya di Daihatsu SIG asal Kalimantan Timur (Kaltim), yakni Noor Awalah, Wenda Lussy Jeane, dan Detty Damayanti di posisi kedua.

Posisi ketiga ditempati pereli Bali lainnya, yakni Ni Komang Sukma Giri P, M Adelia Desintha D, Ni Komang Ayu Diah S, dan Ni Luh Putri Junian A.

Untuk diketahui, Ni Komang Sukma Giri P dan tim merupakan rekan satu tim Wabup Ipat di SNK Jembrana Team.

Juara umum Kejurnas Negaroa Bahagia Wisata Rally 2022

Adapun Negaroa Bahagia Wisata Rally 2022 dibuka Bupati Tamba dengan ditandai pelepasan peserta. Reli ini diikuti sebanyak 85 peserta, baik dari bali maupun beberapa kota besar di Indonesia.

Tidak hanya pemula, wisata rally ini diikuti sejumlah pereli nasional dan timnya yang bersaing ketat memperebutkan poin Kejurnas 2022.

Wisata rally yang digelar pada Minggu pagi ini menempuh rute Negara-Pekutatan-Negara dengan jarak tempuh sejauh 125 kilometer.

Pasangan pereli nasional dari DMO Banteng Motorsport-SITU-Suzuki Rally Team yang didukung ATPM Suzuki Suryo Putranto dan Suryo Prihatmanto dengan navigator 2 Rizky Eka Adikara dan penumpang Dio Satrio Yudhonugroho sukses menyabet gelar juara umum 1 dalam gelaran ini.

Pereli asal Jatim itu menjuarai Kejurnas Putaran 2 ini dengan angka hukuman terendah, yaitu 626 berdasarkan perhitungan akumulasi hukuman di 2 etape dan 4 trayek.

Hasil tersebut mengungguli jawara pada putaran 1 di Sulawesi Selatan Juli lalu, yaitu pereli M Gustapriya A, Candra Hadiqadriman, dan Aloysius Adinta Santosa dari Yogyakarta yang kali ini harus puas berada di posisi ketiga. Pereli Protect Sport Rally Team ini memperoleh angka hukuman 1.244.

Kemudian, posisi ketiga diraih pereli dari tim TSDC, yaitu Tegar Adidharma, Rizky Amirullah, dan Sukma Elmie Permata Putra dari Jatim dengan angka hukuman 1.152.

Posisi keempat direbut pereli Priandono Hernanto, Susuila Hutama, dan Alfian Rudianto Malaka dari Jatim dengan angka hukuman 1.497.

Berikutnya, pereli dari Hyundai Gowa Rally Team, yakni Taufiqurrahman, Bambang Feriyanto, dan Nuri Salmun yang merupakan pasangan gado-gado dari Bali dan Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta menempati urutan ke lima dengan angka hukuman 1.617.

Sukses yang diraih pereli Suryo Putranto, Suryo Prihatmanto, Rizky Eka Adikara, dan Dio Satrio Yudhonugroho itu terasa sempurna setelah timnya DMO Banteng Motorsport-SITU-Suzuki.

Pasalnya, tim ini meraih sukses besar dengan menempatkan dua pereli lainnya di posisi sepuluh besar, yaitu Gerry Rosanto, Didi Dewanto, dan Nur Ariza P dari Jatim di posisi delapan serta Dawan Anggara, Roy Adranto dan M Iqbal Hatta dari Jawa Tengah-Sulawesi Selatan di posisi kesembilan sekaligus menyabet gelar juara pertama kategori Team Klub Nasional.

Sementara itu, posisi kedua dan ketiga untuk kategori tim klub diraih Protect Sport Rally Team dan Hyundai Gowa Rally Team.

https://regional.kompas.com/read/2022/08/15/10535151/di-negaroa-bahagia-wisata-rally-2022-pereli-sekaligus-wabup-jembrana-masuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke