Salin Artikel

Rumah Warga di Desa Haruku Maluku Tengah Hanyut Terbawa Banjir Bandang

Sekretaris Negeri (Desa) Haruku Clif Kisya mengatakan dua rumah warga yang hanyut itu berada di bantaran sungai di desa itu.

“Ada dua rumah yang terbawa air, tapi itu rumah semi permanen,” kata Clif kepada Kompas.com saat dihubungi dari Ambon, Sabtu.

Selain itu, ada beberapa dapur milik warga juga ikut terbawa banjir bandang.

“Ada beberapa dapur juga yang hanyut,” ujarnya.

Dia mengaku rumah warga yang rusak, umumnya berada di sekitar bantaran sungai Waiira dan Waimemi yang meluap.

Rumah warga yang rusak itu lantaran banjir bandang ikut membawa material seperti batang pohon dan batu dari pegunungan.

“Itu rumah-rumah yang di dekat kali, hancur dan hanyut itu karena banyak material yang turun dari gunung yang bikin rusak,” katanya.


Dia mengaku sampai saat ini tim tanggap darurat dari Badan Penanggilangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tengah belum tiba di desa tersebut.

Petugas Polsek Pulau Haruku juga masih tertahan di hutan Desa Rohomoni karena banyak pohon tumbang menutupi badan jalan di desa tersebut.

“Kalau BPBD kayaknya belum, kalau tim dari Polsek Pulau Haruku juga masih tertahan di hutan desa Rohomoni karena jalan putus dan banyak pohon tumbang, tadi polisi mau ke sini bantu pembersihkan tapi masih tertahan juga,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya banjir bandang menerjang Desa Haruku, Kabupaten Maluku Tengah pada Sabtu (30/7/2022) dini hari sekira pukul 03.00 WIT hingga pagi hari.

Akibat musibah itu sebanyak 200 rumah warga terendam, 100 rumah rusak ringan, dan 50 rumah lainnya rusak berat. Sebuah sekolah dasar juga terendam termasuk sebuah Taman Kanak-kanak yang mengalami kerusakan berat. 

https://regional.kompas.com/read/2022/07/30/122930478/rumah-warga-di-desa-haruku-maluku-tengah-hanyut-terbawa-banjir-bandang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke