Salin Artikel

Detik-detik Odong-odong Tertabrak Kereta Api di Serang, Saksi Mata: Sudah Diteriaki dari Jauh Sebenarnya

KOMPAS.com - Sebuah odong-odong tertabrak kereta api di perlintasan tanpa palang pintu di Desa Silebu, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (26/7/2022).

Salah satu saksi mata, Udin, mengatakan, sebelum kecelakaan itu terjadi, terdapat dua odong-odong yang berkonvoi. Warga sudah meneriaki sopir soal kereta api yang akan melintas.

"Sebenarnya udah dibilangin sama warga sini (dari) jauh-jauh ada kereta mau melintas. Udah diteriakin," ujarnya saat diwawancara dalam Breaking News Kompas TV.

Satu odong-odong berhasil melintas rel. Namun, odong-odong kedua tertabrak kereta api. Odong-odong itu tertabrak di bagian belakang.

"Odong-odong itu emang dua. Konvoi dia. Yang satu udah lewat. Yang satu kayak ragu-ragu, sebenarnya udah lewat kepalanya," ucapnya.

Udin menduga sopir tak mendengar teriakan warga lantaran terhalang musik yang dimainkan di odong-odong itu.

"Kemungkinan ada musiknya, enggak kedengaran sama sopirnya," ungkapnya.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Serang AKBP Yudha Satria menjelaskan, kecelakaan maut ini mengakibatkan 9 orang meninggal dunia.

"Korban meninggal dunia 3 anak-anak dan 6 orang dewasa," tuturnya.

Ia menerangkan, odong-odong tersebut mengangkut 20 penumpang.

"Sopir tidak mengetahui di saat bersamaan ada kereta api yang melintas. KA menghantam bagian belakang odong-odong, penumpang bagian belakang terpental," jelasnya.

Selain korban tewas, terdapat juga 7 korban luka.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Serang AKP Tiwi Afrina mengungkapkan, korban meninggal sudah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Drajat Prawiranegara, Serang. Sedangkan, korban luka-luka dievakuasi ke puskesmas dan RS Hermina.

"Untuk korban masih kita cek di puskesmas, Rumah Sakit Hermina dan di RSUD Serang," terangnya kepada Kompas.com.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Serang, Rasyid Ridho | Editor: David Oliver Purba), Kompas TV

https://regional.kompas.com/read/2022/07/26/180000378/detik-detik-odong-odong-tertabrak-kereta-api-di-serang-saksi-mata--sudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke