Salin Artikel

"Semoga Tidak Terjadi Penurunan Permintaan Wisata di Labuan Bajo dan TN Komodo"

Diketahui, harga tiket masuk ke TN Komodo naik menjadi Rp 3,75 juta mulai 1 Agustus 2022.

Abed mengungkapkan, pihaknya tidak mempersoalkan kenaikan harga tiket masuk. Namun, pemerintah harus mempertimbangkan dampaknya terhadap industri pariwisata di Labuan Bajo.

"Setuju atau tidak, sudah tidak jadi masalah lagi, intinya bagaimana kita menghadapinya. Semoga ke depan tidak terjadi penurunan permintaan wisata di Labuan Bajo dan TN Komodo secara khusus," ujar Abed, saat dihubungi, Jumat (22/7/2022).

Menurutnya, para pelaku wisata, khususnya biro perjalanan, sudah menyiapkan strategi khusus dengan menawarkan destinasi unggulan maupun destinasi baru lainnya di NTT.

Namun, pemerintah harus menyiapkan destinasi lain sebagai pilihan, khusus wisatawan yang tidak mau mengeluarkan biaya besar ke TN Komodo.

"Pada intinya kita siap. Intinya biro perjalanan itu pasti menjual berbagai destinasi wisata. Tapi pemerintah juga harus siapkan destinasi-destinasi yang lain," katanya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan, rencana kenaikan harga tiket hanya berlaku di Pulau Komodo dan Pulau Padar karena ada kepentingan untuk konservasi.

Sementara untuk biaya ke Pulau Rinca tidak ada kenaikan harga tiket.

"Komodo di Pulau Rinca dan (Pulau) Komodo itu sama. Wajahnya juga sama. Kalau mau lihat Komodo, silakan ke Rinca. Mengenai bayarnya, tetap. Kalau mau lihat Komodo di pulau Komodo, ya silakan tapi harganya berbeda. Sebenarnya simpel seperti itu, jangan dibawa ke mana-mana," ujar Jokowi, Kamis.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/22/154059878/semoga-tidak-terjadi-penurunan-permintaan-wisata-di-labuan-bajo-dan-tn

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke