Salin Artikel

Sebut Sektor Pariwisata Jadi Primadona Kebangkitan Ekonomi, Bupati Gowa Lakukan Pembenahan

“Jadi sekarang kita mau membuat sektor pariwisata menjadi primadona khususnya untuk kebangkitan ekonomi,” katanya di Kantor Kompas.com Jakarta, Kamis (21/7/2022).

Adnan juga mengungkapkan alasan pentingnya pembangunan sektor pariwisata di Gowa yakni untuk menaikan pendapatan per kapita. Menurutnya adanya 45 persen penduduk Gowa yang bekerja di Makassar membuat pendapatan per kapita daerahnya sulit dinaikkan.

“Kita tidak mungkin mengganggu Makassar mulai hari Senin sampai Jumat karena pusat kegiatan ada di situ. Tapi kita harus ciptakan satu hari, Sabtu atau Minggu untuk menarik orang. Baik dari Makassar maupun Sulawesi Selatan untuk datang ke Gowa membelanjakan uangnya di Gowa,” ungkapnya.

Dia pun melakukan pembenahan di sejumlah destinasi wisata. Di antaranya di destinasi wisata Malino dan Balla Lompoa.

Adnan juga membuat destinasi wisata baru untuk menambah daya tarik Kabupaten Gowa.

"Kita revitalisi. Kemudian kita buka wisata baru di Bissoloro dan lain-lain. Itu tiada lain untuk bisa menarik wisatawan untuk datang pada hari Sabu dan juga Minggu,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan sebelum pandemi ada event yang bernama “Beautiful Malino”. Dalam event tersebut disuguhkan berbagai festival yakni musik, kuliner, budaya, hingga bunga.

“Itu kita satukan dalam tiga hari. Jadi kegiatannya tiga hari. Jumat Sabtu Minggu. Supaya semuanya datang ke Malino. (Kemudian) terjadi akselerasi ekonomi di Malino. Sehingga kegiatan itu yang kita fokuskan untuk bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Adnan menyebut event “Beautiful Malino” terakhir digelar tahun 2019. Pandemi Covid-19 membuat agenda pariwasata itu belum bisa digelar saat ini.

"Memang tahun ini belum kita laksanakan karena situasi pandemi belum ada pengumuman resmi kita menjadi endemi, masih pandemi. Sehingga kita berharap tahun depan sudah menjadi endemi baru kita laksanakan lagi," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/21/222656478/sebut-sektor-pariwisata-jadi-primadona-kebangkitan-ekonomi-bupati-gowa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke