Salin Artikel

Gempa Bumi 5,3 M Pacitan Terasa hingga Yogyakarta, BMKG: Jenis Gempa Dangkal

KOMPAS.com - Gempa bumi 5,5 magnitudo terjadi di wilayah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, Minggu (17/7/2022), pukul 16.13 Wib.

Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dalam unggahannya di akun Twitter @DaryonoBMKG, mengatakan, getaran gempa terasa di sejumlah daerah di luar Pacitan.

"Gempa selatan Gunungkidul-Pacitan ini dirasakan warga di Nganjuk, Karangkates, Bantul, Wonogiri, Trenggalek, Pacitan, Sleman, dan Jember dengan skala intensitas II MMI dengan deskripsi getaran dirasakan warga, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," tulisnya

Daryono juga menjelaskan, gempa di Pacitan Minggu sore itu merupaan jenis gempa dangkal.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa selatan Gunungkidul-Pacitan ini terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Pulau Jawa," katanya.


Seperti diketahui, gempa dengan kekuatan magnitudo 5,5 memiliki kedalaman 10 kilometer.

Titik pusat gempa berada di 9,14 LS dan 110,83 BT, tepatnya di 111 kilometer barat daya Pacitan, Jawa Timur.

"Gempa tidak berpotensi tsunami," keterangan dari BMKG, seperti dilansir dari bmkg.go.id. BMKG mengimbau warga berhati-hati terhadap potensi gempa susulan yang mungkin terjadi. (Phytag Kurniati).

https://regional.kompas.com/read/2022/07/17/172629278/gempa-bumi-53-m-pacitan-terasa-hingga-yogyakarta-bmkg-jenis-gempa-dangkal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke