Salin Artikel

Event Nasional-Internasional Meriahkan Kota Solo, Gibran Minta Pedagang Tak 'Ngepruk' Harga

SOLO, KOMPAS.com - Rentetan event nasional maupun internasional digelar di Kota Solo, Jawa Tengah, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka merangkul para pedagang tak menaikkan harga jual barang.

Event-event itu digelar pada Juli-Agustus 2022, yakni Investment and Industry Working Group Meeting (TIIWG) G20, Kirab Budaya G20 kolaborasi Solo Batik Carnival, Torch Relay Asean Para Games, Asean Para Games XI 2022, dan Konser Dream Theater.

Diperkirakan, ribuan masyarakat dari berbagai kota, daerah hingga mancanegara bakal berkunjung dan melakukan perputaran uang secara masif.

"Para pedagang baik batik maupun makanan harus membiasakan lagi kedatangan para wisatawan, harga harus bersahabat, pelayanan yang baik, kebersihan dijaga," kata Gibran Rakabuming Raka, Jumat (1/7/2022).

Tak hanya itu, Gibran Rakabuming juga meminta kerja sama wisatawan dan warga Kota Solo, jika menemui adanya pedangang yang menaikkan harga yang tak sesuai standar.

"Dan warga pengunjung yang mungkin datang ke Solo kurang puas atau ada harga yang ngepruk (di luar harga normal) laporke saja," jelas Gibran.

Rencananya, dalam waktu dekat, Dinas Perdagangan (Disdag) Solo mengadakan pelatihan para pedagang jelang hadirnya event-event di Kota Solo itu

"Iya bisa penyuluhan dari dinas terkait," ucapnya.

Dengan diselanggarakannya event-event di Kota Solo ini, dirinya mentargetkan pemulihan ekonomi usai beberapa kelonggaran  protokol kesehatan (Prokes)  yang dilaksanakan pemerintah.

"Ya kita harapkan kita kejar pertumbuhan ekonomi, setelah pembebasan-pembatasan dicabut kita geber event-eventnya. Kita sudah dua tahun terpuruk," jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/01/215106878/event-nasional-internasional-meriahkan-kota-solo-gibran-minta-pedagang-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke