Salin Artikel

Warga Flores Timur Diimbau Evakuasi Saat Hujan Lebih dari Sejam, Waspadai Dampak Gelombang Rossby

Sekretaris Daerah (Sekda) Flores Timur Paulus Igo Geroda mengatakan, imbauan ini menyusul edaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Kamis (30/6/2022).

Dalam surat edaran itu menyebut bahwa 7 -10 hari ke depan terjadi gelombang ekstrem Rossby yang dapat mengakibatkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat memicu terjadinya bencana.

"Kami dari Pemda sudah keluarkan surat imbauan beberapa hari lalu untuk masyarakat waspada," ujar Paulus saat dihubungi, Jumat (1/7/2022).

Paulus mengatakan, pihaknya juga telah menyurati para camat dan kepala desa untuk memantau perkembangan cuaca dan peringatan dini dari BMKG agar masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan.

Mereka diminta agar mengerahkan masyarakat di wilayah masing - masing untuk melakukan evakuasi mandiri apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi dan durasi lebih dari satu jam.

"Apabila obyek dengan jarak pandang 30 meter tidak jelas terlihat, maka segera melakukan evakuasi mandiri ke tempat aman," katanya.

Selain itu pihaknya meminta lurah dan camat menetapkan titik evakuasi dan memastikan jalur evakuasi dapat dilalui oleh warga menuju titik evakuasi.

"Mereka juga diharapkan agar melaporkan perkembangan situasi ke bupati melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Flores Timur," ucap Paulus.

Sementara itu, Kepala BPBD NTT Ambrosius Kodo mengatakan, pihaknya telah menyurati BPBD kabupaten dan kota untuk memantau perkembangan cuaca di wilayah masing-masing.

Ambrosius menyebut, peningkatan curah hujan diperkirakan akan terjadi empat hari ke depan.

"Kita sudah keluarkan surat imbauan kepada warga sejak kemarin," ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/07/01/162432178/warga-flores-timur-diimbau-evakuasi-saat-hujan-lebih-dari-sejam-waspadai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke