Salin Artikel

KIB Sumut, Golkar: untuk Kepentingan Rakyat, Bukan Politik Semata...

MEDAN, KOMPAS.com - Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara Musa Rajekshah menjalankan instruksi Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto agar silaturahim antarpartai yang tergabung di Koalisi Indonesia bersatu (KIB) di daerah terajut.

KIB diharapkan bukan hanya koalisi untuk 2024 saja. Namun menjadi koalisi partai politik yang permanen.

"Pemilu jangan menjadi perpecahan antara kita dan partai politik. Kita akan saling mengingatkan, semakin kompak untuk membuktikan kehadiran kita untuk kepentingan rakyat, bukan kepentingan politik semata," ujar Musa dalam silaturahim KIB Sumut, Kamis (30/6/2022).

Ketua DPW PAN Sumut, Ahmad Fauzan Daulay mengaku, sudah menyampaikan soal KIB kepada DPD di kabupaten dan kota dalam Rakerda mereka.

Partainya siap membuat koalisi ini permanen, tidak hanya untuk Pilpres 2024, tetapi sampai Pilgubsu. Ia pun berharap KIB menjadi kekuatan baru baik di tingkat nasional maupun Sumut.

"Kami sami'na wa'athona terhadap keputusan DPP tentang KIB ini. Mudah-mudahan bisa dipermanenkan dan diatur strategi bersama untuk pemilu," kata Fauzan. 

Ketua DPW PPP Sumut, Jafaruddin Harahap mengatakan, silaturahim ini sudah lama ditunggu sebagaimana amanah dari pusat untuk menjalankan koalisi hingga ke tingkat daerah.

Partainya secara nasional menempati posisi terakhir. Di Sumut, partainya hanya memeroleh dua kursi.

"Tapi ini bukan kelemahan, melainkan modal kami untuk menghadapi pemilu mendatang. Kami menyambut baik KIB ini karena menjadi solusi atas merosotnya demokrasi. Membangun demokrasi untuk Indonesia ke depan untuk kepentingan rakyat dan kepentingan umat," ujar Jafaruddin.

Usung Airlangga Capres

Saat ditanya apakah KIB akan mengusung satu presiden, Musa menjawab tidak. Namun kalau ditanya internal Golkar, dengan tengah ia mengatakan, partainya mengusung Airlangga Hartarto. 

"Kalau Golkar ditanya, kami usung Pak Airlangga. Tapi kalau KIB yang ditanya, jawabannya belum tahu. Sesuai keputusan munas, kita di daerah terus melakukan konsolidasi dan kerja-kerja politik," beber dia.

Ahmad Fauzan Daulay mengatakan, PAN juga menginginkan Zulkifli Hasan untuk diusung. Meski begitu, segala keputusan masih menunggu keputusan pusat.

Sedangkan Jafaruddin Harahap bilang pihaknya menunggu arahan ketum terkait usulan capres. 

"Sejauh ini, KIB hanya membicarakan koalisi partai, belum pada pengusungan calon presiden," imbuhnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/30/191141478/kib-sumut-golkar-untuk-kepentingan-rakyat-bukan-politik-semata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke