Salin Artikel

Dari DKI Jakarta hingga Semarang, Berikut Ini Pemerintah Daerah yang Memutuskan Menutup Holywings

Yang Terbaru, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, menyegel dan menutup kegiatan operasional di tiga outlet Holywings di daerah itu setelah melanggar ketentuan Peraturan Daerah Nomor 20 Tahun 2004 tentang Ketenteraman dan Ketertiban Umum.

Dalam Pasal 2 ayat (1) Perda tentang Ketenteraman dan Ketertiban Umum menyebutkan bahwa larangan unit usaha membuat keributan atau keonaran di sekitar tempat tinggal tempat usaha atau tempat lainnya, dan membuat sesuatu yang dapat mengganggu ketertiban banyak orang.

Tiga gerai Holywings yang ditutup, yakni Holywings XYZ Complex yang berlokasi di BSD City, Holywings di Gading Serpong, dan Holywings di Lippo Karawaci.

"Hal ini juga bukan terkait perihal perizinan saja, tetapi juga terhadap penegakan Perda Kabupaten Tangerang Nomor 20 Tahun 2004 tentang Ketenteraman dan Ketertiban Umum," kata Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dalam jumpa pers di Tangerang, Rabu (29/6/2022), dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan, penutupan dan pencabutan izin tersebut setelah adanya kasus promosi minuman beralkohol oleh pihak Holywings.

Hal itu sangat mengganggu ketertiban umum dan ketertiban sosial di wilayah tersebut.

"Kemarin malam kami sudah putuskan dari Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk mencabut izin dan menutup seluruh gerai Holywings," katanya.

Saat ini pihaknya juga akan melakukan pemeriksaan terkait dengan izin usaha berdasarkan perda yang berlaku.

"Terkait dengan perizinan, juga sedang proses pencabutan izin-izinnya, semuanya. Pada hari ini surat akan kami kirimkan kepada pemegang dan pengelola," ujarnya.

Penutupan Holywings dari DKI Jakarta hingga Semarang

Penutupan Holywings tidak hanya terjadi di Tangerang. Penutupan dimulai dari DKI Jakarta, kemudian diikuti Bandung, Semarang, Surabaya, hingga Sleman. 

Di Bandung, ada tiga outlet Holywings yang ditutup.

”Kemarin pihak aparat juga sudah menyita dua macam (minuman) itu. Meskipun tidak ada promo itu di Kota Bandung, akhirnya dengan kesadaran sendiri (Holywings) menutup tempat usahanya,” ujar Wali Kota Bandung Yana Mulyana, di Bandung, Selasa (28/6/2022), dikutip dari Kompas.id.

Sementara di Semarang ada satu oulet yang ditutup. Kepala Satpol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto mengatakan, penutupan dilakukan untuk evaluasi.

Selain itu, penutupan Holywings juga untuk mencegah kegaduhan di Kota Semarang.

Adapun di Surabaya, ada tiga gerai yang ditutup, yaitu yang berada di Jalan Kertajaya, Jalan Boulevard Famili Utara, dan Jalan Basuki Rahmat.

Penutupan ketiga outlet itu dilakukan setelah pertemuan dengan salah satu ormas pemuda di Surabaya. Mereka mendesak outlet tersebut ditutup sementara. 

Pemerintah Kabupaten Sleman juga menutup Holywings yang berada di Jalan Magelang, Kapanewon Mlati. Holywings yang ada di wilayah Sleman ini ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Sementara di DKI Jakarta ada 12 outlet yang ditutup.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/29/165010178/dari-dki-jakarta-hingga-semarang-berikut-ini-pemerintah-daerah-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke