Salin Artikel

PPDB 2022 Online, Bagaimana Cara Mendaftarkan Sekolah untuk Daerah di RIau yang Tak Ada Akses Internet?

PEKANBARU, KOMPAS.com - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA atau SMK Negeri di Provinsi Riau tahun ini dibuka secara online.

Seluruh persyaratan dilakukan secara online dengan cara mengupload berkas-berkas ke aplikasi yang sudah disiapkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Riau.

"Jadi, tidak lagi manual seperti biasa, ini sesuai Permendikbud bahwa PPDB untuk tingkat SMA dan SMK negeri harus dilakukan secara online," kata Ketua Panitia PPDB SMA/SMK Negeri se Provinsi Riau, Aristo dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (24/6/2022).

Lantas, bagaimana dengan sekolah yang berada di pinggiran atau pedalaman yang tidak memiliki akses Internet?

Aristo menegaskan pihaknya sudah menyiapkan beberapa skema menyikapi kondisi tersebut.

"Untuk daerah terluar atau terpencil tidak ada jaringan internet, atau bahkan tidak punya peralatan, ?ada beberapa cara," sebut Aristo.

Ia menjelaskan, bagi sekolah yang berada di daerah terpencil, PPDB bisa dilakukan ke sekolah. Pihak sekolah sudah menyiapkan perangkat untuk pendaftaran.

"Karena pendaftaran harus dilakukan secara online. Nanti akan dibantu oleh petugas di sekolah untuk mengupload dokumen persyaratannya. Jadi masyarakat cukup membawa dokumen yang dibutuhkan ke sekolah," kata Aristo.

Jika hal tersebut tidak bisa dilakukan, sebut dia, maka pendaftaran terpaksa harus dengan cara manual.

Nanti sekolah yang akan membantu calon siswa untuk melakukan pendaftaran.

"Beberapa sekolah yang berada di daerah terpencil sudah kita hubungi. Itu dimungkinkan guru bisa berkunjung ke rumah-rumah calon siswa yang akan mendaftar. Nanti data-datanya dibawa ke sekolah, pihak sekolah yang akan mendaftarkan," terang Aristo.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/24/231133178/ppdb-2022-online-bagaimana-cara-mendaftarkan-sekolah-untuk-daerah-di-riau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke