Salin Artikel

Kakek yang Videonya Viral Rekayasa Dibayar Mandornya Pakai Uang Mainan Minta Maaf

KOMPAS.com - SU (72), kakek yang merekayasa mendapatkan upah uang mainan dari mandor tempatnya bekerja sebagai buruh tebang tebu meminta maaf atas apa yang telah dilakukannya.

"Saya mohon maaf kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia atas terjadinya video viral uang mainan yang saya belanjakan di Pasar Pulung Kencana, Tulang Bawang Barat," kata SU dikutip dari Kompas TV.

Tak hanya permintaan maaf, SU juga mengaku bahwa uang mainan yang dibelanjakannya di Pasar Tulung Kencana ia temukan di pinggir jalan, dan bukan hasil dari tebang tebu yang ia kerjakan.

"Jadi itu semua adalah rekaysa saya sendiri," ujarnya.

Motif kakek merekayasa perbuatannya

Sementara itu, Kasat Reskrim Tulang Bawang AKP Wido Dwi Arifiya mengatakan, motif SU merekayasa perbuatannya agar dia mendapatkan kembalian dengan uang asli.

"Itu rekayasa sang kakek, motifnya agar mendapatkan uang kembalian dengan uang asli," kata Wido saat dihubungi, Selasa (21/6/2022).


Kata Wido, dari pengakuan kakek tersebut bahwa uang mainan itu ia temukan di tepi jalan.

Uang mainan itu sebanyak Rp 450.000 dengan pecahan Rp 100.000 sebanyak 2 lembar, dan pecahan Rp 50.000 sebanyak 5 lembar.

"Kita sudah klarifikasi, dari pengakuannya uang mainan itu ditemukan di pinggir jalan," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, warganet dihebohkan dengan beredarnya sebuah video seorang kakek yang mengaku mendapatkan uang mainan dari hasil bekerjanya sebagai buruh tebang tebu.

Sang kakek mengaku uang mainan itu ia dapatkan dari mandornya.

Namun, setelah video itu viral, polisi pun melakukan penyelidikan dan diketahui bahwa itu adalah rekayasa sang kakek.

"Kita sudah melakukan penyelidikan untuk memastikan kebenaran dari video itu, hasilnya kita mendapatkan fakta bahwa itu bukan peristiwa sebenarnya," kata Kasat Reskrim Tulang Bawang AKP Wido Dwi Arifiya.

 

(Penulis : Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya | Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief)/Kompas TV

https://regional.kompas.com/read/2022/06/21/181808478/kakek-yang-videonya-viral-rekayasa-dibayar-mandornya-pakai-uang-mainan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke