Salin Artikel

Jaringan 4G di Kampung Halaman Gubernur NTT Lemot, Kades: Tower Sudah Berdiri Kokoh Sejak Lama

Padahal, Pulau Semau merupakan kampung halaman Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat. Pulau itu pun hanya berjarak sepelemparan batu dari Kota Kupang, ibu kota Provinsi NTT.

"Ada beberapa keluhan yang kami rasakan terkait jaringan 4G milik Bakti Kominfo. Tower-nya sudah berdiri kokoh sejak lama di kampung kami," ujar Kepala Desa Letbaun, Kecamatan Semau Carlens Herison Bising, kepada Kompas.com, Senin (20/6/2022).

Keluhan pertama, kata Carlens, terkait kapasitas untuk pengguna yang masih kecil, sehingga sering lemot. Bahkan, naik turun atau hilang muncul.

Kedua, jangkauan jaringan hanya di bawah sekitar 400 meter. Selebihnya, lanjut Carlens, sangat buruk dan lebih sering hilang.

"Akses internet sangat buruk. Penggunaan WhatsApp juga sulit, baik chat, voice call apalagi video call," kata Carlens.

Menurut Carlens, kondisi ini bukan hanya di radius lebih dari 400 meter, tetapi di bawah tower, misalnya di Kantor Desa Letbaun yang berjarak sekitar 60 meter dari tower pun, sama buruknya.

Bukan hanya warga Desa Letbaun saja yang mengalami kondisi seperti itu, tetapi ada dua desa lainnya bernasib sama.

Seperti warga di Desa Uiasa, Kecamatan Semau, dan Desa Uitiuhtuan, Kecamatan Semau Selatan.

"Kami berharap pemerintah bergerak cepat untuk melakukan pembenahan terhadap pelayanan Bakti Kominfo. Karena kebutuhan layanan komunikasi saat ini sangat tinggi. Bukan hanya di pemerintahan, namun juga untuk kepentingan pendidikan dan urusan lainnya," katanya tegas.


Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi NTT Abraham Maulaka mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo soal kondisi itu.

Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat pun, telah menandatangani surat tentang peningkatan kapasitas bandwidth dan telah direspons oleh Kominfo.

"Hari ini dari pihak Bakti sedang melakukan pemantauan dan evaluasi, untuk mengatasi kondisi tersebut," kata Abraham.

Sebelumnya, kehadiran tower BTS Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) yang dibangun di Pulau Semau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) disebut-sebut hanya menjadi pajangan belaka.

Padahal, proyek dari Kementerian Kominfo RI di kampung halaman Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, itu dibangun sejak 2021.

Tower yang dibangun persis di Desa Letbaun, Kecamatan Semau, hingga kini belum berfungsi secara normal.

Tower tersebut sudah selesai dibangun sejak Desember 2021, bersamaan dengan tower yang sama di Desa Uiasa, Kecamatan Semau dan Desa Uitiuhtuan, Kecamatan Semau Selatan.

"Padahal Menteri Kominfo, Pak Johnny Plate sudah resmikan sejak 20 Desember 2021. Tapi sampai saat ini kami hanya nonton tower di depan kantor desa," ujar Kepala Desa Letbaun Carlens Horison Bising, kepada Kompas.com, Kamis (12/5/2022) petang.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/20/182311078/jaringan-4g-di-kampung-halaman-gubernur-ntt-lemot-kades-tower-sudah-berdiri

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke