Salin Artikel

Melihat Rinjani Lebih Dekat dari Bukit Kondo

LOMBOK TIMUR, KOMPAS.com - Bukit Kondo menjadi "surga" tersembunyi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Berada di ketinggian 1.937 meter di atas permukaan laut (mdpl), pemandangan luas terhampar dari bukit ini. Selain itu, keindahan Gunung Rinjani yang menjulang tinggi tampak dekat dari bukit itu.

Bukit Kondo terletak di Desa Bebidas, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur. Dengan keindahannya, Bukit Kondo menambah deretan panjang destinasi wisata di Pulau Lombok.

Pengunjung hanya perlu mendongak sedikit ke atas dan akan melihat dengan jelas keindahan Gunung Rinjani yang menjulang tinggi. Terlebih, saat matahari terbit yang memancarkan sinarnya ke gunung tersebut.

Tidak hanya itu, dari Bukit Kondo, pengunjung dapat melihat ke bawah menuju hamparan padang Savana Propok yang terhampar luas dengan pohon dan rumput yang hijau.

Jika turun sedikit, pengunjung bisa melihat lampu perkotaan yang berada di Lombok Timur hingga daratan yang berbatasan dengan laut.

"Saya baru pertama ke sini, keren luar biasa Gunung Rinjani terlihat dengan jelas, rasa cepek di perjalanan saya tadi terobati," kata Riky Aditya, salah seorang pendaki muda asal Desa Jago, Lombok Tengah, Minggu (12/6/2022).

Bagi Riky, ini merupakan pengalaman kali ketiga menaklukkan puncak bukit yang berada di daerah kaki Rinjani. Riky mengaku hobi mencari ketenangan di alam bebas.

"Bagi saya, alam hutan gunung selalu mengingatkan kita kepada sang Pencipta, dari atas ini bagaimana kita berpikir diajarkan mensyukuri nikmat yang telah diberikan sang Pencipta," kata Riky.

"Aku sudah tujuh kali ke Rinjani, hobi saya memang mendaki, tapi di tempat ini luar biasa bisa memotret sudut Rinjani lebih dekat," kata Viqi.

Menurut Viqi, pemandangan tak kalah indah juga terlihat di Savana Propok yang berada lebih rendah dari Bukit Kondo.

"Keren pemandangannya, kalau lihat ke bawah ada Savana Propok, saya pernah juga ke sana," kata Viqi.

Untuk diketahui, jarak Kota Mataram, ibu kota Provinsi NTB, dengan Desa Bebidas sekitar 70 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam.

Untuk menuju Bukit Kondo, pengunjung bisa memarkir kendaraannya di lokasi parkir dengan biaya Rp 45.000 untuk satu motor dua pengendara. Sementara untuk satu motor satu pengendara hanya Rp 40.000.

Dari lokasi parkiran menuju puncak Bukit Kondo, jarak tempuh perjalanan mendaki sekitar 4 jam. Pendaki akan menyusuri hutan yang lebat.

Biasanya, para pendaki akan bermalam di Bukit Kondo untuk melihat pemandangan keindahan Gunung Rinjani saat pagi hari.

Terdapat tiga posko di jalur menuju Bukit Kondo dengan medan tanah dan bebatuan. Namun, hanya ada satu lokasi sumber mata air, yakni di Pos 1.

https://regional.kompas.com/read/2022/06/14/082343978/melihat-rinjani-lebih-dekat-dari-bukit-kondo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke