Salin Artikel

Gempa M 6,5 di Maluku Barat Daya Rusak Rumah Warga dan Bangunan Sekolah

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku, Henry Farfar mengatakan, dari laporan yang diterima, ada satu bangunan sekolah di desa Hila Kecamatan Romang dan satu rumah warga di Desa Tiakur Kecamatan Moa yang mengalami kerusakan akibat gempa.

"Dampak dari gempa mengakibatkan kerusakan bangunan SMP dan satu rumah warga," kata  Henry kepada Kompas.com, Jumat malam.

Henry mengatakan kerusakan bangunan SMP di desa Hila mencapai 45 persen, sedangkan rumah warga mengalami retak di bagian dinding. 

Sejauh ini tidak ada laporan korban luka maupun meninggal dunia akibat gempa tersebut. Warga juga tidak mengungsi akibat gempa itu.

"Untuk korban nihil dan pengungsi juga nihil," katanya.

Dia mengatakan, dampak kerusakan yang terjadi masih bisa bertambah karena data yang diterima masih bersifat sementara.

Saat ini, kata Henry, petugas BPBD yang melakukan pemantauan pascagempa belum bisa mengakses semua kecamatan yang merasakan getaran gempa karena rentang kendali yang sulit dijangkau.


"Ini laporan sementara pascagempa, mengingat rentang kendali yang jauh, kemungkinan laporan ini bisa berubah, kalau ada perubahan nanti beta (saya) sampaikan," katanya.

Dia menambahkan gempa yang terjadi telah mengganggu aktivitas belajar mengajar di SMP yang mengalami kerusakan.

Terkait kerusakan bangunan sekolah itu, BPBD telah berkoordinasi dengam dinas pendidikan dan kebudayaan untuk penanganan lebih lanjut.

"Pihak BPBD setempat telah berkoordinasi dengan dinas pendidikan dan kebudayaan untuk penanganan kerusakan sekolah," katanya.

Gempa tektonik berkekuatan magnitudo 6,5 mengguncang wilayah Maluku Barat Daya, provinsi Maluku, Jumat (27/5/2022).

Gempa yang terjadi pada pukul 11.36 WIT itu berada pada lokasi 8.64 Lintang Selatan dan 127.2 Bujur Timur atau berjarak 62 km selatan Kisar dan 97 km barat daya Tiakur, Maluku Barat Daya.

Adapun gempa tersebut berada di pusat kedalaman 53 kilometer di bawah permukaan laut. 

https://regional.kompas.com/read/2022/05/27/180003978/gempa-m-65-di-maluku-barat-daya-rusak-rumah-warga-dan-bangunan-sekolah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke