Salin Artikel

[POPULER NUSANTARA] Video Viral Bakso Tikus di Karawang | Bilqis Prasista Sempat Dilarang Jadi Atlet Bulu Tangkis

KOMPAS.com - Sebuah video viral memperlihatkan bakso yang diduga terbuat dari daging tikus.

Bakso diduga daging tikus itu dijual salah satu pedagang di Karawang, Jawa Barat (Jabar).

Terkait hal ini, Kepolisian Resor (Polres) Karawang menggandeng laboratorium Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan Karawang untuk mengambil sampel bakso diduga daging tikus itu.

Berita lainnya, salah satu pebulutangkis Indonesia, Bilqis Prasista (19), ternyata sempat dilarang menjadi atlet oleh kedua orangtuanya.

Pebulutangkis yang berlaga di Uber Cup 2022 ini sejak kecil tidak pernah dikenalkan dengan olahraga tersebut.

Saudara kembar Bilqis Prasista, Bilqis Pratista, juga mengalami hal yang sama.

Berikut berita-berita yang menjadi sorotan pembaca Kompas.com pada Sabtu (14/5/2022).

Bakso diduga daging tikus yang videonya viral di media sosial sudah diuji oleh Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan Karawang.

Berdasarkan hasil pengujian dari laboratorium, dipastikan bahwa sampel bakso negatif daging tikus.

Hal tersebut disampaikan Subkoordinator Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Keswan dan Kesmav) Siti Komalaningsih.

"Kemarin kami bersama Kementerian Pertanian bersama tim Laboratorium Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan menguji spesies tikus dari tanggal 12 dan bukan ekor tikus atau negatif daging tikus. Mungkin itu bagian urat daging sapi,” ujarnya, Jumat (13/5/2022).

Video bakso tikus ini sempat viral di media sosial. Video bakso diduga terbuat dari daging tikus disebut dijual salah satu pedagang bakso di Karawang.

Baca selengkapnya: Viral Bakso Tikus di Karawang, Hasil Lab Negatif, Disebut Bagian Urat Daging Sapi

Orangtua Bilqis Prasista, Joko Suprianto dan Zelin Resiana, ternyata sempat melarang putrinya menggeluti olahraga bulu tangkis.

Joko mengatakan, saat itu dirinya tidak ingin kedua putrinya mengikuti jejaknya yang merasakan perjuangan berat menjadi seorang atlet.

Sebagai informasi, orangtua Bilqis merupakan legenda bulu tangkis Indonesia. Nama mereka moncer di era ’90-an.

"Awalnya kami tidak mau anak-anak jadi atlet, karena perjuangan menjadi atlet itu tidak mudah. Jatuh bangun, pendidikan formal terabaikan karena pertandingan, latihan dan sebagainya. Biar orangtuanya saja yang mandi keringat,” ucapnya.

Maka dari itu, Joko dan Zelin tidak mengenalkan olahraga tersebut kepada dua putri kembarnya, Bilqis Prasista dan Bilqis Pratista, sejak kecil.

Baca selengkapnya: Kisah Bilqis Prasista yang Kalahkan Juara Dunia, Ternyata Sempat Dilarang Jadi Atlet Bulu Tangkis

Seorang pria berinisial SG (53) ditemukan tewas saat membobol sebuah warung.

Warga Nusukan, Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), itu ditemukan tak bernyawa di dekat kotak penyimpanan uang oleh pemilik warung Bambang Sambudi, Sabtu (14/5/2022) sekitar pukul 05.30 WIB.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Bendosari AKP Lyan Prasetyo menuturkan peristiwa itu terjadi di Dusun Plarung, Cabean, Bendosari, Sukoharjo.

"Satu orang tergeletak tak bernyawa, langsung melaporkan ke pihak kepolisian. Sudah pastikan oleh dokter puskesmas, dr. Hendra, adanya tanda-tanda sakit," ungkapnya, Sabtu.

Lyan menerangkan, saat ini polisi masih menyelidiki kasus pembobolan itu. Pasalnya, berdasarkan keterangan dari para saksi, ada dugaan SG tak beraksi sendirian.

Baca selengkapnya: Pria Asal Solo Ditemukan Tewas saat Membobol Warung di Sukoharjo

Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) XVI/Pattimura Brigjen TNI Stepanus Mahuri meninggal dunia pada Sabtu (14/5/2022).

Menurut Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVI/Pattimura Kolonel Arh Adi Prayogo, Stephanus meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Ambon, Maluku.

Adi menjelaskan, Stephanus meninggal dunia sewaktu menjalani perawatan medis akibat penyakit yang diderita.

“Brigjen TNI Stepanus Mahury, Kasdam XVI/Pattimura pada hari ini Sabtu, 14 Mei 2022, pukul 17.47 WIT meninggal dunia di RS Siloam,” terangnya, Sabtu malam.

Adi menyampaikan, Kodam XVI/Pattimura sangat merasa kehilangan dan berduka atas kepergian almarhum untuk selama-lamanya.

Baca selengkapnya: Kasdam XVI Pattimura Brigjen TNI Stepanus Mahury Meninggal Dunia

Ganjar Pranowo tak menghadiri halalbihalal Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jateng.

Acara itu digelar di Panti Marhen, Kota Semarang, Jateng, pada Sabtu (7/5/2022).

Gubernur Jateng tersebut menuturkan, dirinya kala itu sedang menghadiri resepsi pernikahan di Makassar, Sulawesi Selatan.

“Saya lagi ada di Makassar, kemarin lagi kondangan,” bebernya.

Sementara itu, menurut Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-P Solo FX Hadi Rudyatmo, Ganjar tak diundang dalam acara tersebut.

"Menurut informasi kan tidak diundang, kan sudah jelas kok bunyinya (dalam undangan), halalbihalal, Ketua Sekretaris DPC, Ketua DPRD dan Bupati Wali Kota, Wakil Bupati Wakil Wali Kota, Kota Kabupaten. Ya sudah memang tidak diundang," tandasnya, Jumat.

Baca selengkapnya: Jawaban Ganjar Pranowo soal Tak Hadiri Halalbihalal PDI-P Jateng: Saya ke Makassar, Lagi Kondangan

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Magelang, Ika Fitriana; Kontributor Kota Solo, Fristin Intan Sulistyowati; Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty | Editor: Rachmawati, Pythag Kurniati, Dita Angga Rusiana, Khairina, Reza Kurnia Darmawan)

https://regional.kompas.com/read/2022/05/15/061600478/-populer-nusantara-video-viral-bakso-tikus-di-karawang-bilqis-prasista

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke