Salin Artikel

Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Penumpang Meningkat 252 Persen

Sekitar 5.000 lebih penumpang memadati Pelabuhan Semayang untuk menunggu kedatangan kapal. Kondisi ini menjadi perhatian dari pemerintah setempat hingga Kapolda Kaltim, Irjen Pol Imam Sugianto yang langsung meninjau kondisi di Pelabuhan Semayang.

Kapolda beserta rombongan ini melakukan pengecekan terhadap kesiapan personel, kapal maupun kondisi para penumpang di Pelabuhan Semayang.

"Memastikan kesiapan baik laut dan udara itu terkelola dengan baik. Alhamdulillah kita melakukan sidak, walaupun banyak yang mengantri di luar, tujuan yang paling banyak itu Surabaya, ada yang ke Lombok, NTT dan lain-lain namun semuanya berjalan lancar," ujarnya di hadapan awak media.

Data dari Posko Mudik Lebaran di Pelabuhan Semayang, puncak arus mudik hari ini jumlah penumpang meningkat drastis. yakni hingga 252 persen.

Di mana hari ini terdapat lima kapal yang akan mengangkut penumpang tujuan Surabaya, Makassar, NTT, hingga Nunukan, Kalimantan Utara.

"Alhamdulillah hari ini menurut Posko Pam di Pelabuhan Semayang adalah puncak mudik dari hari sebelumnya. Hari ini pemudik meningkat sampai 252 persen. Tapi alhamdulillah armada menurut Bapak Dirjen bahwa armada yang disiapkan itu cukup dan dapat dioperasikan semua, mudahan tidak ada yang ketinggalan," ungkapnya.

Selain itu seluruh fasilitas pelayanan di Pelabuhan juga sudah terpenuhi dengan baik. Termasuk yang menjadi prioritas pemerintah terhadap pemudik, yakni telah melakukan vaksin dosis ketiga atau booster.

Hampir seluruh penumpang telah melakukan vaksin ketiga ditandai pada tiket pembelian. "Semua fasilitas kesehatan sudah siap, termasuk yang menjadi prioritas pemerintah pusat bahwa pemudik harus vaksin booster. Mayoritas masyarakat sudah patuh dan itu dicantumkan pada tiket pembelian," tambahnya.

Imam menjelaskan, untuk Jumat ini kapal Labobar yang mengangkut 2.800 penumpang berlayar menuju Surabaya.

Rencananya, nanti malam kapal Lambelu menuju Parepare, Sulawesi Selatan. "Saya belum tahu berapa jumlah detailnya, tapi alhamdullah bisa tercukupi dan tertampung semua,"  jelasnya

Sementara itu Kepala Cabang Pelni Balikpapan, Purwadi mengatakan sejuah ini seluruh penumpang terakomodir dengan baik alias tidak ada yang tertinggal. Seluruh armada mampu menampung penumpang tanpa harus berdesakan.

"Yang jelas sudah kita lihat bersama bahwa kapalnya sudah siap berangkat, Penumpang yang naik juga masih dibawah kapasitas, masih bagus, artinya penumpang kita nyaman. Kita lihat bersama kan nggak ada (penumpang tertinggal), aman semuanya. Ini semua berkait semua instansi terkait," tandas Purwadi.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/29/155941178/puncak-arus-mudik-di-pelabuhan-semayang-balikpapan-penumpang-meningkat-252

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke