Salin Artikel

Demo Depan Kantor Gubernur Jateng, Massa Aksi Desak Mendag Lutfi Mundur dari Jabatan

Sebelumnya, massa yang sebagian besar mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Semarang ini melakukan konvoi memadati jalan.

Pantauan Kompas.com, di depan gedung kantor Gubernur Jawa Tengah telah terpasang kawat berduri dan dijaga ketat oleh aparat kepolisian.

Sebuah spanduk warna merah berukuran sekitar 2x4 meter membentang di sisi kanan pagar gedung bertuliskan "Setan Penguasa Bercokol Kuasai Negeri"

Berbagai atribut demo lainnya seperti bendera dan poster tuntutan bertebaran diantara kerumunan massa aksi.

Ratusan massa aksi tampak membentuk lingkaran dengan mobil komando yang berada di tengah-tengah kerumunan massa.

Para orator pun silih berganti meneriakkan berbagai tuntutan kepada pemerintah terkait permasalahan yang terjadi di negeri ini.

Permasalahan itu antara lain mulai dari naiknya harga bahan pokok, bahan bakar minyak (BBM), pemindahan Ibu Kota Negara (IKN), isu buruh dan ketenagakerjaan hingga rencana penundaan pemilu serta perpanjangan masa jabatan presiden.

Massa aksi mendesak agar Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi untuk mundur dari jabatan karena telah gagal membidangi urusan perdagangan.

"Tuntutan paling utama adalah kepada Bapak Menteri Perdagangan. Salah satu solusinya adalah pecat dan ganti!" teriak orator.

Massa aksi juga menuntut pemerintah agar mengusut tuntas kartel-kartel "mafia" minyak goreng yang memanfaatkan situasi di tengah kelangkaan dan tingginya harga minyak goreng.

"Demo hari ini saya mewakili ibu saya di rumah untuk berjuang menuntut pemerintah agar turunkan harga minyak goreng," teriak orator lainnya.

Selain itu, isu terkait persoalan Wadas juga turut menggema di antara teriakkan tuntutan massa.

Pukul 17.00 WIB massa aksi masih bersemangat mengikuti jalannya aksi demonstrasi dengan tertib.

Beberapa mahasiswa tampak pingsan sehingga dibantu oleh kawannya beserta petugas untuk dibawa ke unit penanganan medis.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/13/194912078/demo-depan-kantor-gubernur-jateng-massa-aksi-desak-mendag-lutfi-mundur-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke