Salin Artikel

Ribuan Mahasiswa di Palembang Mulai Geruduk Kantor DPRD Sumsel

PALEMBANG,KOMPAS.com - Ribuan mahasiswa di Kota Palembang mulai melakukan aksi demo dengan mendatangi gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Senin (11/4/2022).

Para mahasiswa ini menolak wacana perpanjangan masa jabatan Presiden menjadi tiga periode, serta menolak kenaikan harga BBM dan minyak goreng yang dilakukan oleh pemerintah sejak beberapa waktu belakangan.

Pantauan Kompas.com, para massa aksi datang dengan menggunakan kendaraan roda dua serta mobil komando sembari melontarkan orasi di sepanjang jalan.

Kondisi tersebut membuat akses jalan menuju ke gedung DPRD Sumsel pun akhirnya ditutup karena massa aksi yang mulai memadati jalan.

Para petugas kepolisian pun terlihat bersiaga dengan menggunakan mobil serta memasang kawat berduri untuk akses jalan menuju ke pintu gerbang DPRD Sumsel.

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhammad Ngajib mengatakan, mereka menurunkan sebanyak 1.750 personel untuk mengamankan aksi demo yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa.

Ngajib pun meminta kepada mahasiswa yang menggelar aksi agar dilakukan dengan tertib sehingga tidak terjadi kekerasan.

"Bagi rekan-rekan yang ingin menyampaikan pendapat di muka umum supaya marilah di bulan puasa ini kita sama-sama menjaga, sama-sama saling menghormati, kita jaga keamanan dan ketertiban, harusnya kita laksanakan dengan damai dan tertib untuk menyampaikan apa yang diinginkan karena tugas kita juga melayani dan menertibkan,"kata Ngajib.

Menurut Ngajib, beberapa arus lalulintas menuju ke gedung DPRD Sumsel kini telah dialihkan lantaran adanya aksi demo.

"Jalan POM X kita tutup sementara kendaraan dialihkan hanya melewati jalan Kapten A rivai,"ujarnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/04/11/125318778/ribuan-mahasiswa-di-palembang-mulai-geruduk-kantor-dprd-sumsel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke