Salin Artikel

Lama Vakum, 2 Pabrik Pupuk Iskandar Muda Beroperasi Tahun Ini

ACEH UTARA, KOMPAS.com – PT Pupuk Iskandar Muda (PT PIM) Aceh Utara berencana menghidupkan kembali pabrik PIM 1 dan pabrik pupuk NPK dalam tahun ini. 

Direktur Keuangan dan Umum PT PIM Aceh Utara, Rochan Syamsul Hadi pada wartawan lewat aplikasi zoom, Rabu (30/3/2022) menyebutkan pembangunan pabrik NPK direncanakan selesai tahun ini. Kapasitas pabrik ini mencapai 500.000 ton pupuk NPK per tahun. 

Sedangkan untuk pabrik PIM 1 kapasitas produksi pupuk urea pril sebesar 570.000 ton per tahun.

“Dulu PIM 1 terhenti operasi karena kendala gas. Semoga dalam waktu dekat ini kita dapat pasokan gas, dan kita reaktivasi kembali pabrik itu untuk dihidupkan kembali,” katanya.

Sisi lain, dia menyebutkan pabrik Eks PT Aceh Asean Fertilizer (AAF) yang dibeli tahun 2018 lalu, akan diaktifkan kembali dalam waktu dekat ini. 

“Kita harap, PIM bisa mengembalikan nama Lhokseumawe dulu yang dikenal dengan sebutan kota petrodollar karena ramai industri. Semoga kita bisa mengembalikan kejayaan itu dan meningkatkan pendapatan ekonomi Aceh,” terangnya.

Dia berharap, kendala gas sebagai bahan baku tidak lagi terjadi lagi pada masa mendatang. Sehingga seluruh pabrik milik PT PIM bisa beroperasi secara maksimal.

“Semoga ke depan PIM bisa lebih baik lagi dan bisa lebih aktif lagi dalam produksi. Ini bisa menjadi penopang ekonomi masyarakat Aceh,” jelasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/30/190651078/lama-vakum-2-pabrik-pupuk-iskandar-muda-beroperasi-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke