Salin Artikel

Pertemuan DEWG Pertama di Lombok, Menkominfo: Wadah Memperdalam Isu Teknologi Digital

Kegiatan yang merupakan rangkaian Presidensi G20 Indonesia tersebut berlangsung secara virtual dan dihadiri oleh sejumlah delegasi, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Menkominfo Jhonny G. Plate menuturkan, kegiatan tersebut dilakukan sebagai ajang bagi para delegasi untuk merundingkan isu pemanfaatan teknologi digital.

"Pertemuan ini menjadi wadah bagi para delegasi dan undangan untuk mendalami diskusi yang telah dibangun terkait pemanfaatan kekuatan teknologi digital, untuk mencapai pemulihan yang semakin kuat, inklusif dan berkelanjutan," ungkap Johnny.

Johnny menjelaskan, hasil diskusi kajian teknologi yang menyentuh berbagai sektor, akan menjadi catatan untuk dibawa ke pertemuan diskusi dalam agenda G20 yang akan berlangsung di Bali.

Dia berharap, diskusi dapat membangun ide, gagasan pemanfaatan, dan pengelolaan teknologi digital yang dapat menyesuaikan dengan kondisi masyarakat.

"Mendorong tata kelola kehidupan baru yang lebih bersifat data sentris, relevansi data dalam berbagai sektor, dan dapat dinikmati dalam tingkat konektivitas global merujuk pada jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan IT, atau internet protokol," kata Johnny.


Adapun mitra akademisi global DEWG yang menghadiri kegiatan tersebut yakni Internasional Telecommunication Union (ITU), Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Kemudian, United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP) dan United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).

Sementara untuk mitra akademisi nasional yang turut dirangkul dalam DEWG yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia, dan Universitas Padjadjaran.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/29/192958678/pertemuan-dewg-pertama-di-lombok-menkominfo-wadah-memperdalam-isu-teknologi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke