Salin Artikel

BMKG Pantau Bibit Siklon di Laut Timor, Warga NTT Diminta Waspada

Hal ini, kata dia, mengacu pada peringatan dini dari BMKG pada Kamis, 17 Maret 2022, yang diumumkan Deputi Bidang Meteorologi Kuswanto.

"Dalam rilis tesebut, BMKG memantau adanya suspect area siklon atau potensi bibit siklon yang tumbuh di sekitar Laut Timor," kata Ambrosius, kepada Kompas.com, Jumat (18/3/2022).

Dia menyebut, peluang suspect area dalam periode 24 jam ke depan berada pada kategori rendah dengan arah pergerakan menjauh dari wilayah Indonesia.

Meski begitu, lanjut Ambrosius, masyarakat harus tetap waspada sehubungan dengan dampak tidak langsung berupa cuaca ekstrem yang terjadi di NTT.

Antara lain, kata dia, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai angin kencang.

Kemudian, tinggi gelombang antara 1,25–2,5 meter di Laut Arafuru Bagian Utara, Perairan Selatan Pulau Timor dan Perairan Selatan Pulau Sumba.

"Serta tinggi gelombang 2,5–4 meter di Laut Timor dan Perairan Kupang dan Pulau Rote. Dampak tidak langsung lainnya adalah gelombang alun atau swell penyebab banjir pesisir di Perairan Selatan Pulau Timor dan Perairan serta Pesisir Kupang dan Pulau Rote," kata dia.  

Sehingga, Ambrosius mengimbau masyarakat yang bermukim di pesisir pantai, para nelayan maupun yang akan berpergian melintasi Perairan Selatan Pulau Timor, Perairan Selatan Pulau Sumba, Laut Timor, Perairan Kupang–Pulau Rote, agar sebaiknya tidak melaut atau tidak bepergian  untuk sementara waktu.

"Masyarakat yang tinggal di pinggir pantai, di lereng-lereng bukit atau gunung, dan di bantaran sungai atau daerah rendah aliran sungai untuk mewaspadai banjir atau banjir bandang, banjir pesisir dan tanah longsor," kata Ambrosius.

Ambrosius juga meminta masyarakat, agar memangkas pohon dan dahan yang lapuk, terutama di dekat rumah atau perkantoran.

Masyarakat diminta berdiam diri di rumah jika terjadi hujan disertai angin kencang dan petir, kecuali untuk urusan yang sangat mendesak dengan memastikan keadaan aman di sekitarnya.

"Untuk memastikan informasi peringatan dini cuaca hanya berasal dari BMKG," jelas Ambrosius.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/19/073942778/bmkg-pantau-bibit-siklon-di-laut-timor-warga-ntt-diminta-waspada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke