Salin Artikel

Kisah Fuad, Guru Honorer Disabilitas Netra Asal Magelang, Terima Donasi Pembaca Kompas.com

MAGELANG, KOMPAS.com - Muhammad Fuad Gufron (31), penyandang disabilitas netra, telah mengabdikan diri menjadi guru honorer di Sekolah Luar Biasa (SLB) Ma'arif Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Selama tujuh tahun dia mengajar pendidikan seni musik, olahraga, membaca, dan menulis Al Quran braile kepada siswa sesama disabilitas di sekolah tersebut.

Menjadi pendidik memang sudah menjadi panggilan jiwanya.

Ia rela menempuh belasan kilometer dari rumah ke sekolah demi bisa mengajar dan mengais rezeki di sekolah. 

Namun, saat ini, dia telah mengontrak rumah tidak jauh dari sekolahnya yang bisa ditempuh dengan menyewa ojek. 

Fuad sendiri menyadari bahwa gaji sebagai guru honorer yang tidak lebih dari Rp 1 juta per bulan itu belum cukup untuk menghidupi kesehariannya.

Apalagi, saat ini Fuad telah memiliki istri sesama disabilitas netra dan seorang balita. 

Di waktu senggangnya, Fuad terkadang menerima order pijat refleksi sebagai tambahan penghasilan.

Dia juga dikenal sebagai penghafal Al Quran (hafiz) dan telah mencetak beberapa hafiz. 

Kisahnya pun menyentuh perhatian publik, termasuk dari pembaca Kompas.com yang sukarela menghimpun donasi melalui kitabisa.com.


Selama sekitar sebulan penggalangan, donasi yang berhasil terkumpul total Rp 2.500.000. 

Uang donasi telah diterima Fuad. Pria ini menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada pembaca Kompas.com yang telah memberikan donasi.

"Alhamdulillah, matur nuwun (terima kasih) kepada orang-orang yang sudah berdonasi untuk saya, semoga menjadi amal kebaikan semua, dibalas dengan kebaikan pula oleh Tuhan," ucap Fuad saat ditemui di rumah kontrakannya di Dusun Kliwat, Desa Ketunggeng, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, belum lama ini.

Pria 32 tahun itu mengatakan, sebelumnya dia tidak pernah meminta atau berharap mendapatkan bantuan. Dia mengaku sekadar menjalani kehidupannya apa adanya dengan tulus ikhlas.

Akan tetapi, perhatian pembaca Kompas.com membuatnya semakin bersemangat untuk menebar kebaikan bagi sesama meskipun dalam kondisi terbatas.

"Saya mungkin juga akan bagikan donasi ini kepada kawan-kawan saya, yang bisa mengelola, supaya ada manfaatnya juga bagi orang lain," tutur alumnus Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta itu.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/11/101126278/kisah-fuad-guru-honorer-disabilitas-netra-asal-magelang-terima-donasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke