Salin Artikel

Pesona Enabara, Wisata Pantai Pasir Putih yang Memukau di Pedalaman Ende NTT

Dalam bahasa Ende, Ena berarti pasir dan Bara berarti putih.

Itu sebabnya, pantai yang terletak di Desa Aewora, Kecamatan Maurole, Kabupaten Ende ini dikenal dengan keindahan pasir putihnya.

Berjarak 87 kilometer dari kota Ende, ibu kota Kabupaten Ende, Pantai Enabara dapat ditempuh dalam waktu 3 jam perjalanan menggunakan roda dua maupun roda empat.

Bila dari kota Maumere, ibu kota Kabupaten Sikka, maka untuk menuju pantai bisa ditempuh dalam waktu dua jam.

Enabara memiliki garis pantai yang cukup panjang. Air lautnya sangat jernih dengan gradasi warna hijau hingga biru tua. Karakteristik ombaknya pun tenang.

Tak heran banyak pengunjung yang menikmati pantai dengan berbagai cara, seperti mandi, salto, dan memotret di dalam air.

Sementara di pesisir Pantai Enabara ditumbuhi berbagai pepohonan yang rindang. Sangat cocok bagi pengunjung yang sekadar ingin menikmati keindahan pantai.

Menikmati panorama alam

Yoris Jalo (43), wisatawan asal Maumere mengatakan, Pantai Enabara sering menjadi daerah tujuan wisata bersama keluarga.

"Saat akhir pekan atau pun liburan tempat ini sering kami kunjungi," ujar Yoris kepada Kompas.com, Senin (28/2/2022) sore.

Ia berujar, selain menikmati keindahan pasir putih yang berkilau, pengunjung juga bisa melihat panorama alam sekitar dari pantai.

Biasaya, para pengunjung menunggu hingga senja. Menurutnya, itu waktu yang tepat untuk menikmati sunset dan kemolekan Pulau Palu'e dan Gunung Rokatenda.

Pantai Enabara juga cocok dijadikan spot pemotretan pre wedding untuk pasangan yang akan menikah.

"Tidak perlu ke daerah lain di Enabara juga sangat bisa. Saatnya kita membumikan pariwisata di NTT dengan cara kita masing-masing," ujarnya.

Belum dilirik

Pengunjung lain, Maria Delima (25) mengaku, banyak wisatawan sudah mengabadikan momen kunjungannya di Pantai Enabara.

Namun, menurutnya, potensi yang menjanjikan itu belum dilirik oleh pemerintah setempat untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah sehingga dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

"Kalau kita lihat di media sosial terutama instagram, banyak sekali orang-orang yang sudah berfoto di sini. Tetapi pemerintah belum melirik potensi ini," ujarnya.

Ia berharap, Pantai Enabara ke depan menjadi magnet pariwisata baru di Kabupaten Ende.

https://regional.kompas.com/read/2022/03/01/085548078/pesona-enabara-wisata-pantai-pasir-putih-yang-memukau-di-pedalaman-ende-ntt

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke