Salin Artikel

Wakil Wali Kota Pematangsiantar Susanti Dilantik Sendirian, Berjanji Perbaiki Layanan Kesehatan

PEMATANGSIANTAR, KOMPAS.com - Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melantik dr Susanti Dewayani sebagai Wakil Wali Kota Pematangsiantar periode 2022-2027.

 

Susanti diambil sumpah jabatannya di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Selasa (22/2/2022) pukul 15.00 WIB.

 

Dia dilantik sendirian oleh Gubernur Edy Rahmayadi setelah Wali Kota terpilih Pematangsiantar hasil Pilkada Pematangsiantar 2020, Ir Asner Silalahi, meninggal dunia.

 

Susanti Dewayani tiba di rumah Dinas Wakil Wali Kota Pematangsiantar di Jalan Maluku, Kecamatan Siantar Sitalasari, Selasa sekitar pukul 17.50 WIB. 

 

Susanti datang mengendarai becak bermotor BSA yang dikemudikan suaminya Erizal Ginting, diiringi rombongan dari titik perbatasan wilayah Kota Pematangsiantar-Kabupaten Simalungun di Jalan Medan, Siantar Martoba.

 

Sebelum memasuki rumah dinas, Susanti dan suaminya Erizal disematkan pakaian adat Simalungun berjalan masuk disambut tari-tarian.

 

Dalam sambutannya, Susanti mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar almarhum Ir Asner Silalahi, yang sejak pelantikan turut dihadiri putra sulung almarhum, Sondi Silalahi.

 

Perempuan yang sebelumnya berprofesi sebagai dokter spesialis anak ini mengatakan, dirinya akan meneruskan visi dan misi Ir Asner Silalahi, yakni Siantar Bangkit dan Maju, Sehat, dan Berkualitas.

 

"Pelantikan sebagai langkah awal untuk memperbaiki Kota Siantar menjadi Siantar Bangkit dan Maju sesuai dengan visi misi kami," kata Susanti dalam sambutannya.

 

Ia juga mengatakan, ke depan dirinya akan segera memperbaiki pelayanan publik, khususnya kesehatan dan memperbaiki birokrasi pemerintahan yang bertele-tele.

 

"Segera memperbaiki struktur yang perlu diperbaiki ke depannya, terutama layanan publik  bidang kesehatan dan pendidikan, dan mempercepat birokrasi yang bertele-tele," ucap mantan Dirut RSUD Djasamen Saragih Pematangsiantar ini.

 

Ketua DPRD Pematangsiantar Timbul Marganda Lingga mengatakan, pihaknya siap bersinergi dengan pemerintah untuk membangun Kota Pematangsiantar. 

 

"Kota Siantar ini perlu mendapat perhatian dan serius. Jadi kita sebenarnya sudah banyak tertinggal. Jadi segera selesaikan masalah yang kompleks sebenarnya," ungkapnya.

 

Sebagaimana diketahui, Kota Pematangsiantar ikut serta dalam penyelenggaraan Pilkada Serentak yang digelar pada 9 Desember 2020. 

 

Pilkada Pematangsiantar diikuti satu pasangan calon (paslon), yakni calon wali kota Asner Silalahi dan wakilnya dr Susanti Dewayani. Paslon tunggal ini berhadapan melawan kotak kosong.

 

Paslon berjulukan "Pasti" ini didukung mayoritas parpol di kursi DPRD Pematangsiantar dan memenangi pemilihan dengan perolehan 87.773 suara melawan kotak kosong 25.560 suara. 

 

Setelah pemungutan suara selesai digelar, Wali Kota terpilih Pematangsiantar Asner Silalahi (59) meninggal dunia karena sakit di RS Columbia Kota Medan pada 13 Januari 2021.

 

Pelantikan Susanti sebagai Wakil Wali Kota Pematangsiantar sekaligus menandakan berakhirnya masa jabatan Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah dan wakilnya Togar Sitorus periode 2017-2022.

 

Profil singkat

 

Dokter Hj Susanti Dewayani (58) lahir di Bali pada 28 Juni 1963. Ia merupakan istri dari Presiden BSA Owner Motorcycle Siantar (BOM'S) Erizal Ginting. 

 

Susanti dan Erizal bertempat tinggal di Jalan Nusa Indah, Kelurahan Simarito, Siantar Barat, Kota Siantar. 

 

Susanti berprofesi sebagai dokter spesialis anak di RSUD Djasamen Saragih. Ia juga membuka praktik dokter di Kota Pematangsiantar.

 

Pada masa periode Wali Kota Hefriansyah dan wakilnya Togar Sitorus, Susanti Dewayani dilantik sebagai Dirut RSUD Djasamen Saragih Pematangsiantar pada 13 Juli 2017.

 

Belakangan ia memutuskan terjun ke dunia politik. Pada 1 Maret 2020, ia tak lagi menjabat Dirut RSUD Djasamen. Namanya mulai disandingkan dengan para kandidat calon wali kota menjelang perhelatan pilkada.

 

Bersama Ir Asner Silalahi, Susanti akhirnya meniti perjalanan sebagai pasangan calon (paslon) tunggal Pilkada Pematangsiantar 2020. Ia juga bersedia mengundurkan diri dari ASN.

 

Kemudian, setelah memenangi pilkada, Susanti Dewayani merapat ke salah satu parpol. Ia menjadi Ketua DPD PAN Kota Pematangsiantar pada Sabtu 13 Februari 2021.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/23/075146978/wakil-wali-kota-pematangsiantar-susanti-dilantik-sendirian-berjanji

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke