Salin Artikel

Nadiem Makarim Apresiasi Terbitnya Pergub Vokasi di Riau

Nadiem menyampaikan harapan yang besar atas terbitnya Pergub Vokasi di Riau ini.

Ia menginginkan kebijakan itu berdampak besar pada peningkatan mutu pendidikan vokasi, khususnya di Riau.

"Oleh karena itu, saya mengapresiasi upaya Pemerintah Provinsi Riau untuk merancang Peraturan Gubernur tentang Vokasi yang diluncurkan pada hari ini," kata Nadiem melalui video di dalam acara peluncuran Pergub Vokasi dan Festival Vokasi di Pekanbaru, dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (22/2/2022).

Nadiem mengatakan, kunci dari peningkatan mutu pendidikan vokasi adalah gotong royong antara satuan pendidikan dengan industri dan lain sebagainya.

"Marilah kita terus bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar untuk vokasi kuat menguatkan Indonesia," kata Nadiem.

Nadiem mengatakan bahwa semua pihak menyadari bagaimana perubahan zaman yang disertai perkembangan teknologi sudah menyebabkan perubahan yang sungguh luar biasa.

Ilmu pengetahuan berkembang dengan cepat. Kondisi, serta peluang kerja yang ada sekarang sudah jauh berbeda.

"Kondisi itulah yang menggerakkan kami di Kemendikbudristek untuk menghadirkan terobosan transformatif untuk pendidikan vokasi, yaitu program SMK pusat keunggulan dan kampus merdeka vokasi," sebut Nadiem.

Nadiem menambahkan, program-program tersebut menekankan kesesuaian antara satuan pendidikan dan industri.

Link and match ini mendorong penyelarasan proses pembelajaran dengan kebutuhan dunia usaha yang meliputi penyusunan kurikulum bersama, praktisi yang mengajar, program magang industri, sampai komitmen serapan kerja untuk lulusan.

"Definisi link and match menjadi defenisi jauh lebih mendalam. Sejauh ini, sudah ada 900 lebih SMK yang dibina melalui program SMK PK dengan capaian-capaian yang luar biasa, termasuk hasil inovasi riset bernilai tambah yang terhilirisasi dengan optimal," kata Nadiem.

Seperti diketahui, sebelumnya Provinsi Riau menjadi salah satu daerah yang ditunjuk oleh Kemendikbudristek untuk penyelenggaraan kegiatan menara vokasi di Indonesia bersama beberapa daerah lainnya.

Daerah lainnya yakni Medan di Sumatera Utara, Banjarmasin di Kalimantan Selatan, Kolaka di Sulawesi Tenggara, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Pekanbaru di Riau.

Daerah yang ditunjuk untuk kegiatan menara vokasi ini akan bertindak sebagai akselerator untuk penguatan, dan juga peningkatan mutu pendidikan vokasi guna mewujudkan keselarasan link and match antara satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja.

https://regional.kompas.com/read/2022/02/22/173752878/nadiem-makarim-apresiasi-terbitnya-pergub-vokasi-di-riau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke