Salin Artikel

Sidak ke Polsek di Perbatasan Indonesia-Timor Leste, Propam Polda NTT Cek Pelayanan hingga Kondisi Tahanan

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Bidang Propam Polda NTT, Kombes Pol Dominicus Savio Yempormase, bersama anggotanya menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah Polsek yang berada di sepanjang perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Sejumlah Polsek yang disidak meliputi Polsek yang ada di wilayah Polres Belu, Malaka, Timor Tengah Utara, Timor Tengah Selatan dan Kupang.

Di wilayah Polres Belu, sidak berlangsung di Polsek Tasifeto Barat. Selain itu, sidak juka dilakukan terhadap Polsek Malaka Timur, Polres Malaka; Polsek Amanuban Barat, Polres Timur Tengah Selatan (TTS) serta di Polsek Takari, Polres Kupang.

Sidak itu terkait dengan aplikasi Propam Presisi oleh diluncurkan oleh Kapolri dalam rangka penguatan peran pimpinan dan mengingatkan anggota untuk pemakaian atribut sesuai aturan yang benar.

“Kehadiran kami berkaitan dengan keinginan pimpinan Polri untuk terus menggelorakan semangat bahwa dengan aplikasi ini dapat membantu anggota Polri mengeliminir kemungkinanan pengaduan-pengaduan masyarakat yang tidak tepat sasaran tapi cenderung viral di mana-mana," kata Dominicus.

Karena itu, berbagai pengaduan atas kinerja polisi dan ASN di kepolisian bisa melalui aplikasi Propam Presisi ini.

Aplikasi ini, kata dia, bukan saja untuk anggota Propam, tapi seluruh anggota Polri harus paham sehingga nantinya bisa mensosialisasikan kepada masyarakat.

“Sebab, keberadaan aplikasi Propam Presisi, sebagai wujud peran masyarakat memberikan pengawasan terhadap kinerja Kepolisian, memudahkan masyarakat melapor bila melihat atau menemukan pelanggaran anggota Polri dan ASN,” kata dia.

Dalam sidak itu pihaknya juga mengecek keberadaan sel mulai dari kondisi tahanan dan kebersihan sel di Mako Polsek.

Mantan Kapolres Alor itu juga berdialog dengan tahanan menanyakan soal pelayanan anggota Polri terhadap tahanan.


Sidak itu juga memeriksa buku mutasi dan memberikan beberapa catatan mengenai pelayanan polisi terhadap masyarakat.

"Propam ke sini bukan untuk mencari-cari kesalahan tetapi inti dari pelayanan adalah pencegahan sehingga kami sidak untuk memastikan pelayanan. Sengaja kami sidak pada subuh agar memastikan kesiapsiagaan anggota melakukan pelayanan bagi masyarakat," ungkapnya.

Dia mengapresiasi anggota yang melakukan piket secara lengkap dan kebersihan Mako serta tahanan terjaga dengan baik.

"Kami pastikan semua tahanan aman dan mendapatkan pelayanan dengan baik," ujarnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/02/21/122344878/sidak-ke-polsek-di-perbatasan-indonesia-timor-leste-propam-polda-ntt-cek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke