Salin Artikel

Jalankan Misi Rupiah Berdaulat, Kapal Perang TNI Bawa Uang Tunai ke Pulau Terluar Babel

Jumlah uang yang disiapkan Bank Indonesia (BI) senilai Rp 2 miliar dengan pembagian setiap pulau Rp 500 juta.

Kepala Perwakilan BI Bangka Belitung Budi Widihartanto mengatakan, pengiriman uang bertajuk Ekspedisi Rupiah Berdaulat bakal berlangsung selama enam hari terhitung 20 - 25 Februari 2022.

Pulau yang disinggahi yakni Pulau Pongok (Bangka Selatan), Pulau Mendanau (Belitung), Pulau Bukulimau (Belitung Timur) dan Pulau Nangka Besar (Bangka Tengah).

"Pulau yang disinggahi sesuai kriteria 3 T yakni terluar, terdepan dan terpencil," kata Budi seusai pelepasan di Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Minggu (20/2/2022).

Budi menuturkan, kerja sama pendistribusian alat tukar dengan melibatkan armada TNI Angkatan Laut telah berlangsung sejak beberapa tahun lalu.

Pada tahun ini ditargetkan sebanyak 81 pulau dari 16 provinsi yang bakal disambangi. Empat di antara pulau tersebut berada di wilayah Kepulauan Bangka Belitung.

"Nanti di setiap pulau yang disinggahi juga ada sosialisasi dan edukasi tentang mata uang rupiah bekerja sama dengan pemda setempat. Kemudian ada juga penyaluran bantuan ekonomi dan sektor pendidikan," ujar Budi.

Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi, kebutuhan uang rupiah di Bangka Belitung mengalami peningkatan.

Sejak 2019 sampai 2021 tercatat mengalami net outflow dengan peningkatan setiap tahunnya masing-masing Rp 938 miliar, Rp 1,3 triliun dan Rp 4,06 triliun.   

https://regional.kompas.com/read/2022/02/20/165714378/jalankan-misi-rupiah-berdaulat-kapal-perang-tni-bawa-uang-tunai-ke-pulau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke