Salin Artikel

Melihat Keindahan Sunset di Atas Bukit Tunak, Tak Kalah dari Pantai Kuta Mandalika

Hampir di semua sudut dikelilingi hamparan pantai dengan bentangan pasir putih dan bukit yang menjulang tinggi.

Pulau yang menjadi lokasi ajang balap MotoGP Mandalika ini tentu memiliki banyak keindahan alam yang menarik dikunjungi. 

Namun bukan hanya Kuta Mandalika, berjarak 10 kilometer dari Pantai Mandalika terdapat Bukit Tunak, tepatnya di Desa Mertak, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Jika ingin mengunjungi lokasi ini, hanya butuh sekitar 30 menit dari Bandara Internasional Lombok (BIL).

Menikmati sunset

Dari atas Bukit Tunak, pengunjung bisa melihat lengkungan teluk berbentuk letter U dengan hamparan pasir putih dan bukit kapur yang menjulang tinggi mengelilinginya.

Saat sore hari, pemandangannya akan semakin indah. Pengunjung dapat menikmati sunset atau matahari tenggelam di sela bukit diiringi pantulan cahaya dari laut yang membiru. 

Sementara jika turun ke bawah menuju pantai, pengunjung akan langsung disambut pasir putih yang halus ditambah suasana sampan nelayan yang berlayar.

Kekaguman pengunjung

Seorang pengunjung Bukit Tunak, Indarti Sukma (25), warga Mataram mengaku takjub dengan pemandangan Pantai Tunak dari atas bukit.

"Luar biasa indah sekali, pemandangan dari bukit ini bisa melihat pantainya tenang," kata Indarti saat ditemui, Jumat (4/2/2022). 

Indarti mengaku semula hanya mengetahui kawasan wisata Pantai Kuta dan Bukit Seger di wilayah selatan Lombok. 

Namun ternyata Bukit Tunak tak kalah indah dengan kawasan wisata tersebut. 

"Awal-awal kan hanya tahu Pantai Kuta kalau di Selatan, ternyata ada yang lebih bagus lagi di dekatnya Pantai Kuta," kata Indarti.

Ia juga tidak lupa mengabadikan momen dengan berswafoto  saat berada di Bukit Tunak dengan latar belakang pantai dari ketinggian bukit.

Pengunjung lain, Anggun Damayanti, mengungkapkan hal senada. Ia mengaku senang dapat melihat cekungan teluk yang membentang dari atas bukit.

"Pantai selatan ini memang luar biasa indahnya. Bukan hanya Pantai Kuta ternyata, tapi ada bukit dan pantai yang tidak kalah indah dari Kuta," kata Anggun.

Menurutnya, Bukit Tunak merupakan lokasi liburan terbaik dari berbagai tempat yang pernah ia kunjungi di Lombok.

"Bukit ini indah, pantainya juga, dan tidak bising juga. Terbaiklah dari tempat yang sebelumnya saya kunjungi," ucapnya. 

https://regional.kompas.com/read/2022/02/05/164853278/melihat-keindahan-sunset-di-atas-bukit-tunak-tak-kalah-dari-pantai-kuta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke