Salin Artikel

Lonjakan Covid-19 di Kabupaten Semarang, Dinkes Belum Bisa Pastikan Jenis Virus

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Semarang, Dwi Syaiful Nur Hidayat mengatakan, dari kasus Covid-19 yang ada saat ini, belum diketahui varian virusnya.

"Belum diketahui jenisnya, karena kita belum bisa melakukan pemeriksaan khusus, apakah itu varian Omicron atau varian Delta," jelasnya.

Syaiful mengatakan, dari sembilan kasus tersebut, ada yang memiliki riwayat perjalanan dari luar daerah. "Dari Jakarta ada dua orang. Selain itu juga ada yang berasal dari luar kota yang bersekolah dan diasramakan di Kabupaten Semarang," kata dia.

Menurutnya, dari pasien Covid-19 yang saat ini menjalani perawatan, hanya satu yang ber-KTP Kabupaten Semarang. Sementara pasien merupakan warga pendatang dan berdomisili di Kabupaten Semarang.

Syaiful menambahkan, hasil tracing terhadap kontak erat para pasien yang dilakukan Dinkes Kabupaten Semarang menunjukkan hasil negatif.

Dari sembilan kasus tersebut, dua di antaranya ditangani di Rumah Sakit Gunawan mangunkusumo (RSGM) Ambarawa. "Sudah ditangani dan masih cukup terkendali. Sehingga, untuk leveling daerah, Kabupaten Semarang masih berada di level 1,” tuturnya.

Syaiful menambahkan setiap puskesmas diwajibkan melakukan skrining dengan mengambil 40 sampling per hari.

"Total ada 26 puskesmas ditambah permintaan dari beberapa instansi, seperti Polres Semarang yang kemarin minta dilakukan skrining kurang lebih hingga 500 sampling," paparnya.

Untuk antisipasi lainnya, Dinkes Kabupaten Semarang juga melakukan percepatan vaksinasi untuk anak usia 6 -11 tahun. "Cakupan vaksinasi anak usia 6 -11 di Kabupaten Semarang ini sudah mencapai 85 persen," kata Syaiful.

Selain vaksinasi anak, untuk vaksinasi booster juga terus dikebut. “Bahkan Dinkes Kabupaten Semarang juga melakukan vaksinasi jemput bola, dengan membentuk beberapa dan dibagi untuk mendatangi sejumlah instansi serta melakukan vaksinasi jemput bola di desa- desa,” tambahnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/01/26/192012278/lonjakan-covid-19-di-kabupaten-semarang-dinkes-belum-bisa-pastikan-jenis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke