Salin Artikel

Jabat Kepala Desa, Kakak Kandung Bupati Langkat Ikut Ditangkap, Bertugas Kumpulkan Setoran Proyek

Iskandar ditangkap karena dia berperan mengumpulkan setoran fee proyek yang dikerjakan sejumlah kontraktor.

Saat diboyong dari Gedung Renakta Polda Sumut menuju gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus, Iskandar Perangin-angin nampak tertunduk.

Iskandar terlihat mengenakan kaus warna oranye dan memakai topi. Ia dikawal oleh petugas kepolisian dan KPK. Tangan juga digandeng erat petugas.

Tiba di gedung Dit Reskrimsus, Iskandar PA langsung membuka topi dan menuju ruangan tertutup yang sudah oleh penyidik KPK.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Hadi Wahyudi menyebut Iskandar PA sempat melarikan diri saat KPK menyambangi kediamannya.

Kemudian polisi yang mengetahui keberadaannya langsung mendatangi lokasi dan meminta Iskandar menyerahkan diri.

Ia diamankan di Desa Padang Brahrang, Kecamatan Selesai, Kabupaten Langkat.

"Iya. Jadi yang bersangkutan tidak berada di rumahnya. Kemudian negosiasi Dirkrimum bersama Polres Langkat akhirnya dia menyerahkan diri," kata Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi, Kamis (20/1/2022).

Kakak kandung Bupati Langkat Iskandar Perangin-angin tersebut kemudian menjalani pemeriksaan oleh penyidik KPK di gedung Kriminal Khusus Polda Sumut.

Ia rencana akan diberangkat ke Jakarta hari ini.

Ia juga menjabat sebagai Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apedesi) Langkat periode 2019-2024.

Sebelum menjabat sebagai Kades Balai Kasih, Iskandar PA pernah menjabat sebagai Kepala Desa Raja Tengah, Kecamatan Kuala.

Dikutip dari situs resmi Kabupaten Langkat, Iskandar PA dilantik menjadi Kepala Desa Raja Tengah pada tahun 2016 oleh Bupati Langkat periode 2014-2019, H Ngogesa Sitepu.

Kala itu ia dilantik bersama 109 kepala desa lainnya di Alun-alun T Amir Hamzah.

Pada Agustus 2019 silam, Iskandar PA dilantik adik kandungnya, Terbit Rencana sebagai Ketua DPC Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Langkat periode 2019-2024.

Iskandar dilantik menggantikan Samsul Bahri.

Bukan cuma itu saja, Iskandar PA turut disebut menjabat sebagai Ketua DPC Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia (F.SPTSI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K.SPSI) Kabupaten Langkat.

Jabatan ini dikabarkan merupakan warisan dari adiknya, Terbit Rencana Peranginangin.

Meski saat ini kepengurusan F.SPTI dan K.SPSPI terbelah dua di Kabupaten Langkat, namun Terbit Rencana Peranginangin sempat dilantik sebagai Ketua DPC di Langkat.

Kemudian, jabatan itu diserahkan Cana, sapaan akrab Terbit Rencana pada kakak kandungnya Iskandar PA.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Abang Bupati Langkat yang Bertugas Sebagai Pengumpul Setoran Proyek: Menjabat Sebagai Kepala Desa

https://regional.kompas.com/read/2022/01/20/190900178/jabat-kepala-desa-kakak-kandung-bupati-langkat-ikut-ditangkap-bertugas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke